IBL

Piala Dunia 3x3 atau FIBA 3x3 World Cup 2018 akan berlangsung di Filipina pada 8-12 Juni mendatang. Semua tim sudah bersiap termasuk Serbia yang sudah tiga kali menjadi juara dunia 2012, 2016 dan 2017. Tapi tahun ini ada yang berbeda. Komposisi tim juara berubah, Marko Zdero akan digantikan oleh stafan Stojacic karena cedera pergelangan kaki yang tak kunjung sembuh.

Timnas 3x3 Serbia identik dengan tim Novi Sad. Empat pemainnya yaitu Dusan Domovic Bulut, Dejan Majstorovic, Marko Savic dan Marko Zdero. Mereka mendominasi di Piala Dunia 3x3 pertama di Athena, Yunani tahun 2012. Lalu menduduki peringkat kedua di Moskow, Rusia, pada tahun 2014. Kemudian Serbia menjuarai dua gelaran terakhir yaitu di Guangzhou, Cina tahun 2016 dan di Nantes, Perancis tahun 2017.

"Kami telah bersama selama bertahun-tahun. Tentu berat ketika ada perubahan komposisi pemain," kata Dusan Bulut, dikutip dari fiba.com.

Majstorovik, Bulut dan Savic merupakan pemain 3x3 peringkat teratas dunia. Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi Marko Zdero, karena musim lalu ia dibekap cedera pergelangan kaki. Zdero saat ini menempati peringkat 14 dunia. Sementara itu, absennya Zdero membuat Novi Sad juga kurang dominan di kompetisi FIBA 3x3 World Tour tahun lalu.

"Cederanya Zdero tahun lalu, membuka pikiran kami, bahwa kami harus belajar menyesuaikan diri dengan pemain baru. Situasi ini semakin sulit karena saat ini musim profesional 3x3 sudah dimulai," lanjut Bulut.

Sebagai penggantinya, timnas Serbia akan memasukkan Stefan Stojacic. Pemain berusia 29 tahun yang juga kapten tim Liman, seteru Novi Sad di kompetisi 3x3 profesional. Dengan masuknya Stojacic, maka timnas Serbia memiliki empat pemain urutan teratas dunia. Stojacic merupakan pemain yang musim lalu memimpin Liman memenangkan dua gelar FIBA World Tour Masters. Ia juga pernah mendapatkan gelar MVP World Tour.

"Bagi saya, sebuah kehormatan besar untuk bermain bagi negara saya," kata Stojacic. "Kami Novi Sad dan Liman, selalu bersaing di kompetisi profesional. Tetapi kali ini kami akan bermain untuk Serbia. Kami mencari cara menemukan peran yang cocok untuk saya."

Stojacic mengatakan bahwa chemistry menjadi kunci dalam permainan 3x3. Hadirnya Stojacic membuat Serbia kini punya empat pemain dengan kemampuan menyerang luar biasa. Stojacic adalah pencetak poin terbanyka di Debrecen dan Mexico City Masters tahun lalu. Kini Serbia semakin yakin bisa mendapatkan gelar juara dunia 3x3 keempat kalinya.

Foto dan Video: fiba.com

Komentar