IBL

Tuan rumah Filipina tak ingin malu di rumah sendiri pada gelaran FIBA 3x3 World Cup 2018. Kejuaraan ini akan berlangsung di Philippine Arena, Manila, Filipina pada 8 hingga 12 Juni mendatang. Tim Filipina akan diperkuat oleh Christian Stanhardinger, Stanley Pringle, Troy Rosario dan Roger Ray Pogoy.

Baca Juga: 37 Negara akan Mengikuti FIBA 3x3 World Cup 2018 di Manila

Empat nama pemain 3x3 Filipina ini cukup mengejutkan. Sebab, dari nama tersebut hanya Roger Ray Pogoy dan Troy Rosario yang pernah mengikuti turnamen 3x3. Selebihnya merupakan bintang-bintang basket profesional yang juga merupakan pemain keturunan.

Roger Ray Pogoy adalah forwarda TNT KaTropa. Ia pernah menjadi PBA Rookie of the Year pada tahun 2017 lalu. Pogoy juga memperkuat tim nasional Filipina saat menjuarai SEABA Cup 2016 di Bangkok dan SEABA Championship 2017 di Filipina. Pogoy sempat bermain di FIBA 3x3 World Tour bersama tim Manila West. Tapi itu sudah tiga tahun lalu.

Nama lain yang pernah terlibat di FIBA 3x3 World Tour 2015 adalah Troy Rosario. Saat itu, ia bermain untuk tim Manila North. Sama dengan Pogoy, Rosario saat ini bermain untuk tim TNT KaTropa. Peraih dua medali emas SEA Games dan tiga medali emas SEABA tersebut punya pengalaman untuk memimpin tim. Pemain dengan tinggi 2,01 meter ini sangat kuat di bawah ring.

Pemain berpengalaman yang masuk di tim 3x3 Filipina adalah garda utama GlobalPort Batang Pier, Stanley Pringle. Namanya tidak asing bagi penggemar basket Indonesia, sebab Pringle pernah memperkuat Indonesia Warriors di ABL musim 2012-2013. Pemain keturunan Filipina-Amerika ini sudah tiga musim berturut-turut 2015-2017 menjadi PBA All-Star. Kemampuan mencetak poin dan asisnya sudah terbukti. Di musim terakhir bersama GolbalPort, Pringle mampu mencetak 19,3 poin dan 4,5 asis per pertandingan dalam 34 laga.

Sementara itu yang paling mengejutkan tentu masuknya pemain keturunan Filipina-Jerman, Christian Karl Standhardinger. Ia baru saja menyelesaikan tugasnya di ABL 2017-2018 bersama Hong Kong Eastern Basketball Team. Standhardinger saat ini menjadi nama yang hangat dibicarakan di Filipina. Ia menduduki peringkat kedua dalam PBA Draft dan juga masuk dalam tim nasional.

Saat tampil di FIBA Asia Cup 2017 lalu, Standhardinger mencetak 16,0 poin, 5,7 rebound per laga dalam enam pertandingan. Standhardinger juga mendapatkan medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Saat ini ia akan membela San Miguel Beermen di PBA Commissioner's Cup yang sudah dimulai 22 April lalu.

Di FIBA 3x3 World Cup 2018, Filipina ada di grup C. Mereka akan bersaing dengan Brasil, Kanada, Mongolia dan Rusia. Ini akan jadi penyisihan yang berat bagi tim Filipina. Pada edisi 2017 di Nantes, Perancis, Filipina hanya berhasil memenangi dua dari empat pertandingan di babak penyisihan. Mereka tidak lolos ke babak delapan besar. Saat itu Filipina diperkuat oleh Kobe Paras, Joseph Ronald Quiñahan, Kiefer Ravena dan Jeron Teng.(*)

Foto: fiba.com, inquirer.net, abs-cbn.com

Komentar