IBL

Ranah streetwear lekat dengan perkembangan olahraga skateboard. Terkait hal itu, Puma dan butik bertema skateboard Diamond Supply Co. membuat gebrakan di koleksi kolaborasinya yang kedua pada 2018 ini. Mereka memperkenalkan Puma Abyss, produk yang menggambarkan sepatu skateboard di masa depan dengan konsep streetwear yang kental.

Pada sepatu ini, tak ada lagi tali sepatu. Puma menyederhanakannya dengan resleting sebagai pengganti. Sol samping (midsole) dibuat lebih tinggi dari sepatu biasa. Hal itu berguna untuk melindungi jari kaki dan sisi samping kaki dari benturan dengan papan skateboard. Bagian tumit dilapisi plastik polyutherane sebagai pelindung yang menjanjikan kenyamanan. Sementara di bagian atas (upper), kanvas dan rajut berjenis neoprene dipilih untuk mengefektifkan bobot sepatu.

Puma Abyss masuk dalam koleksi kedua Puma dan Diamond Supply Co. yang akan rilis pada 9 Juni 2018 mendatang. Sebelumnya, mereka sempat merilis koleksi perdana pada 18 Januari 2018.

Di edisi dua, sepatu-sepatu klasik Puma ditampilkan dalam format futuristik. Butik yang dibangun oleh Nicholas Tershay pada 1998 tersebut menyentuh Puma Suede, Puma Basket dan Puma Clyde dengan fitur menyerupai kaus kaki di bagian dalam.

Selain sepatu, Diamond Supply Co. juga melengkapi koleksinya dengan deretan baju bertema streetwear yang terinspirasi dari seragam olahraga Puma. Baju itu di antaranya celana latihan (training), jaket setinggi leher (tracktop), sweter, hingga kaus.

Walau sempat mendapat colekan dari Nike terkait penyalahgunaan paten produk, Puma tetap melaju. Mereka berhasil menunjukkan kreativitas dengan menggandeng sosok berpengaruh di ranah busana. Tahun 2018, Puma berkolaborasi dengan Han Kjobenhavn dari Swedia dan Diamond Supply Co. dari Inggris untuk membuat edisi kolaborasi berpenampilan streetwear.

Puma juga berupaya untuk mengguncang dominasi Nike, adidas dan Under Armour di ranah sepatu basket. Setelah 17 tahun, Puma dikabarkan akan merilis kembali edisi Puma Basketball di akhir 2018. Mereka menunjukkan sinyal untuk meminang Trae Young sebagai duta. Menurut mereka Young punya kharisma yang membuatnya jadi pusat perhatian tanpa banyak usaha.

Foto: Puma

Komentar