IBL

Toronto Raptors mengakhiri kerja samanya dengan Kepala Pelatih Dwane Casey setelah tujuh tahun bersama. Keputusan ini semakin menerangkan rumor tentang terancamnya posisi sang pelatih di tim ini. Karena Raptors sebelumnya memang berencana untuk mengganti pelatih mereka akibat gagal membawa tim ke final wilayah pada 2018 ini.

Kabar pemecetan Casey pertama kali menyeruak lewat laporan reporter ESPN, Adrian Wojnarowski. Setelah itu, Raptors pun memberikan pernyataan resmi tentang berakhirnya kerja sama mereka dengan sang pelatih.

“Dengan pertimbangan yang cermat, saya memutuskan langkah berat tapi perlu ini harus diambil. Sebagai sebuah tim, kami senantiasa mencoba tumbuh dan meningkatkan diri supaya bisa ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” ujar Manajer Umum Raptors, Masai Ujiri, dalam siaran persnya seperti dikutip NBA.com.

“Kami berterima kasih pada apa yang telah Dwane lakukan pada organisasi ini, dan mendoakan supaya bisa lebih baik lagi. Dia merupakan bagian penting yang menciptakan identitas dan kultur kami sebagai sebuah tim, dan kami bangga dengan itu.”

Selama melatih Raptors sejak 2011, Casey disebut-sebut sebagai pelatih terbaik mereka. Meski sudah eksis selama 23 tahun, hanya di era Casey tim ini mampu mendapatkan 50+ kemenangan dalam tiga musim beruntun. Di tahun terakhirnya, sang pelatih bahkan membawa Raptors mengakhiri musim reguler 2017-2018 di peringkat satu (59-23) untuk pertama kalinya dalam sejarah tim ini. Namun, Raptors ternyata harus mengakhiri perjalanan mereka setelah disapu bersih Cleveland Cavaliers 4-0.

Kendati mengalami kegagalan di playoff, NBCA menganugerahi Casey dengan gelar Michael H. Goldberg NBCA Coach of the Year. Penghargaan itu ia dapat karena berhasil mencatatkan sejarah baru bagi Raptors di musim reguler. Kabarnya, ia akan menerima anugerah itu secara resmi pada September mendatang ketika para pelatih yang tergabung dalam asosiasi pelatih NBA itu melakukan pertemuan tahunan. Namun, ketika menerima itu nanti, Casey tentu saja sudah bukan seorang pelatih Raptors lagi.

Dengan kosongnya posisi kepala pelatih, kesempatan pun terbuka bagi beberapa pelatih yang sedang menganggur. Wojnarowski melaporkan, Raptors mengincar Mike Budenholzer (sebelumnya pelatih Atlanta Hawks) untuk mengisi posisi kepala pelatih baru mereka. Sementara itu, analis TNT, David Aldridge, mencuit lewat Twitter, Raptors juga memiliki beberapa kandidat kuat seperti asisten pelatih Nick Nurse dan Kepala Pelatih Raptors 905 Jerry Stackhouse.    

Foto: NBA

Komentar