IBL

Toronto Raptors boleh saja kalah di semifinal Wilayah Timur, dan kegagalan itu membuat rumor pemecatan Kepala Pelatih Dwane Casey menyeruak. Namun, bagi NBCA, Casey ternyata masih yang terbaik. Rekan-rekan sejawatnya dalam asosiasi pelatih NBA itu menganugerahinya gelar Michael H. Goldberg NBCA Coach of the Year.

Casey memang gagal membawa Raptors ke final wilayah dalam dua musim beruntun (keduanya karena disapu bersih Cleveland Cavaliers 4-0 di semifinal wilayah). Namun, pada 2017-2018 ini, ia berhasil membawa timnya menjadi unggulan pertama di Wilayah Timur setelah memenangkan 59 dari total 82 pertandingan. Ini pertama kalinya Raptors menduduki peringkat pertama di klasemen musim reguler. Oleh karena itu, ia bisa saja mendapat penghargaan Coach of the Year versi NBA sekaligus.

(Baca juga: Disapu oleh LeBron James, Masa Depan Dwane Casey Dipertanyakan)

Penghargaan pelatih terbaik versi NBCA dan NBA tentu berbeda. NBCA dipilih oleh para pelatih dari 30 tim peserta sementara versi NBA melibatkan media dalam pemilihannya. Lantas, peraih penghargaan keduanya boleh jadi berbeda. Jika NBCA memilih Casey, belum tentu NBA menganugerahinya penghargaan serupa.

Brad Stevens (kiri), kepala pelatih Boston Celtics, ketika melakukan wawancara dengan reporter NBA TV, David Aldridge. Foto: NBA

  

Menariknya, dalam pemilihan pelatih terbaik versi NBCA, para pelatih tidak satu pun memilih Kepala Pelatih Boston Celtics, Brad Stevens. Padahal Stevens juga berhasil mengarungi musim yang bergejolak setelah timnya diterpa badai cedera sepanjang musim reguler bahkan playoff. Namun, ia masih bisa menduduki peringkat dua Wilayah Timur tanpa pemain sekelas Kyrie Irving dan Gordon Hayward dengan rekor 55-27. Bahkan ketika timnya tidak diunggulkan di playoff, Stevens mengubah anggapan itu menjadi harapan. Kini, mereka tengah berjuang untuk menantang Cavs di final wilayah.

(Baca juga: Badai Cedera Masih Menerpa Boston Celtics)

Selain itu, Kepala Pelatih Mike D’Antoni (Houston Rockets), yang sebelumnya mendapat penghargaan ini bersama Erik Spoelstra (Miami Heat), tidak lagi menerima hal serupa meski ia mendapatkan suara. Casey benar-benar menyingkirkan delapan nama, termasuk D’Antoni, yang mendapat suara dalam pemilihan pelatih terbaik ini. Pelatih lainnya yang mendapatkan suara, di antaranya: Brett Brown (Philadelphia 76ers), Nate McMillan (Indiana Pacers), Gregg Popovich (San Antonio Spurs), Terry Stotts (Porland Trail Blazers), dan Doc Rivers (Los Angeles Clippers).

Setelah melalui proses pungutan suara, pada akhirnya para pelatih memilih Casey sebagai penerima penghargaan. Ia akan menerima penghargaan itu secara resmi pada September mendatang, ketika para pelatih melakukan pertemuan tahunan.

Foto: NBA

Komentar