IBL

Setelah kalah dari Cleveland Cavaliers kemarin, Toronto Raptors hari ini bangkit. Mereka berhasil menumbangkan Boston Celtics 96-78 di Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada, Rabu, 4 April 2018 waktu setempat. Raptors pun tetap kukuh di peringkat pertama Wilayah Timur sementara Celtics (2) dan Cavaliers (3) mengikuti di bawahnya.

DeMar DeRozan, garda Raptors, menjadi pencetak angka terbanyak bagi timnya. Kali ini ia mencetak 16 poin. Sementara itu, rekan duetnya, Kyle Lowry, memberi 13 poin. Serge Ibaka dan pemain pengganti Fred VanFleet masing-masing 15 poin.

Di kubu Celtics, Marcus Morris mengumpulkan 21 poin dan 5 rebound meski turun dari bangku cadangan. Greg Monroe, pemain pengganti lainnya, bahkan hampir mencetak dobel-dobel dengan 17 poin dan 8 rebound. Al Horford lalu memberi 16 poin sebagai satu-satunya pemain lima utama yang mencetak dobel digit.

Di pertandingan ini, bintang Celtics, Kyrie Irving, belum bisa tampil pascaoperasi lutut. Marcus Smart juga belum bisa tampil karena cedera. Namun, timnya justru bisa unggul 20-14 di kuarter pertama.

Kendati begitu, kedua tim sebenarnya bermain ketat di separuh kuarter pertama. Jonas Valanciunas, senter Raptors, sempat membuat skor imbang 9-9 di menit 6:20. DeRozan lalu membuat skor menjadi 14-13. Setelah itu, Celtics membalikkan keadaan dengan menghentikan tiap serangan lawan dan berbalik menyerang.

Di kuarter dua, Raptors mendapat keunggulan 30-26 lewat tripoin VanFleet dan layup Delon Wright. Pada akhirnya, Raptors sedikitnya mencetak 29 poin di kuarter ini sementara Celtics hanya 13. Tuan rumah pun jadi memimpin 43-33 sebelum turun minum.

Paruh waktu berikutnya, kedua tim kesulitan mencetak angka di 1:58 menit pertama. Namun, Ibaka berhasil memecah kebuntuan untuk Raptors, melesakkan layup setelah melantun bola dari sisi kiri serangan. Setelah itu, poin demi poin pun tercipta, kedua tim bermain ketat meski Raptors di kuarter tiga ini mencetak empat poin lebih banyak dari tamunya (24-20). Raptors terus memimpin 67-53.

Di kuarter akhir, Raptors di atas angin karena unggul 14 poin. Mereka bertahan dengan baik, menahan field goal lawan di angka 33,3 persen. Celtics pun hanya mampu memasukkan 3/22 tembakan tripoinnya sepanjang pertandingan.

Meski begitu, Celtics mendapat lemparan bebas lebih banyak (25/28) sedangkan Raptors hanya 6/8. Namun, bagaimanapun, lemparan bebas itu tidak serta merta membuat pasukan Kepala Pelatih Brad Stevens memenangkan pertandingan. Serangan-serangan Raptors yang lebih efektif (field goal 43,5 persen) membuat mereka menang 96-78.

Dengan demikian, Raptors semakin kukuh di puncak klasemen Wilayah Timur. Mereka berjarak dua kemenangan dengan Celtics di posisi dua. Raptors masih menyisakan empat pertandingan lagi di musim reguler. Lusa, mereka bakal menghadapi Indiana Pacers di kandang. Sementara itu, Celtics dengan jumlah sisa pertandingan yang sama juga akan bertandingan lusa melawan Chicago Bulls.

Foto: Ron Turenne/Getty Images

Komentar