IBL

Setelah kehilangan Gordon Hayward di pertandingan pembuka musim ini, Boston Celtics mesti ditinggal Kyrie Irving di pertengahan musim. Garda utama mereka itu bahkan sama sekali tidak bisa tampil di playoff lantaran cedera lutut yang menerpanya. Belum lagi di musim reguler, beberapa pemain seperti Marcus Smart, Al Horford, dan Jaylen Brown juga sempat menepi akibat cedera. Namun, mereka cukup beruntung untuk kembali dan bisa bermain di playoff musim ini.

Celtics kini tengah berusaha meloloskan diri dari Philadelphia 76ers di semifinal Wilayah Timur. Mereka sempat unggul 3-0 sebelum akhirnya Sixers mencuri satu kemenangan dan menggagalkan upaya sapu bersih Celtics. Padahal tim asal Boston itu hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke final wilayah; menantang Cleveland Cavaliers yang lebih dulu menunggu di sana. Namun, dengan satu kemenangan itu, Sixers memaksa Celtics untuk melakoni pertandingan kelima.

Untung tak bisa diraih malang tak bisa ditolak, setelah dua bintang mereka dipastikan tak bisa bermain di sisa musim, kini Celtics lagi-lagi harus kehilangan satu pemainnya. Garda cadangan Shane Larkin harus absen di pertandingan kelima lantaran cedera bahu kiri. Kepala Pelatih Brad Stevens pun memutuskan untuk mengistirahatkannya meski tampaknya ia tak butuh operasi.

Larkin, 25 tahun, mengalami cedera bahu selepas bertabrakan dengan senter Sixers berkaliber All-Star, Joel Embiid, di pertandingan keempat Senin lalu. Ia meninggalkan lapangan di kuarter dua dan tidak kembali lagi di sisa pertandingan.

“Jelas ia akan terus menguatkannya dan mengusahakannya dengan staf pelatih dan lainnya,” ujar Stevens tentang cedera bahu pemainnya itu, seperti dikutip Boston Globe. “Tapi saya tidak yakin ia akan kembali dalam waktu dekat.”

Larkin rata-rata mencetak 3,7 poin dan 1,8 asis dalam 14 menit per pertandingan di playoff musim ini. Meski tidak mengisi susunan utama, ia memiliki peran penting di tim ini, terutama ketika Celtics bertahan. Larkin dinilai sebagai sosok penting pasukan Kepala Pelatih Brad Stevens dalam memberik tekanan kepada penembak-penembak jitu Sixers, seperti J.J. Redick.     

Tanpa Larkin, Stevens sebenarnya masih punya garda utama lain seperti Terry Rozier III dan Marcus Smart. Namun, pemain tahun kedua, Jaylen Brown, masih belum bisa bermain penuh. Ia masih membatasi menit bermainnya lantaran sang pemain sempat mengalami cedera hamstring meski kini sudah membaik. Oleh karena itu, ketidakhadiran Larkin hanya membuat daftar pemain cedera ini semakin panjang. Padahal Celtics membutuhkan pemain-pemain sehat untuk lolos ke final wilayah melawan Cavs.

Lantas, bagaimana Stevens menanggulangi ini? Ia akan menjawabnya besok ketika Celtics melawan Sixers di TD Garden dalam pertandingan kelima.  

Foto: NBA

Komentar