IBL

Tim 3x3 Putri Indonesia berhasil lolos ke Perempat Final FIBa 3x3 Asia Cup 2018. Kepastian tersebut didapat setelah mereka memenangi satu dari dua laga penyisihan. Di babak delapan besar, Indonesia ditunggu Australia, Selasa, 1 Mei 2018.

Tim 3x3 Putri Indonesia diperkuat oleh Lea Kahol, Yusranie Assipalma, Jovita Elizabeth dan Christie Rumambi. Mereka tergabung di grup B untuk babak penyisihan bersama Uzbekistan dan Yordania.

Di laga pertama, Indonesia menyerah 11-15 dari Uzbekistan. Pengalaman bermain Irina Averyanova yang berusia 34 tahun serta dominasi Samatova Aliya dengan tinggi 1,94 meter sulit ditaklukkan Jovita Elizabeth dan kawan-kawan. Mereka sudah tertinggal 1-5 di awal pertandingan. Meski berhasil menyusul di pertengahan laga, namun Indonesia tak bisa memenangkan pertandingan.

Kemudian di pertandingan kedua, Indonesia sukses menundukkan Yordania dengan skor 21-16. Kedua tim sempat terlibat jual-beli serangan di awal. Indonesia mendapatkan momentum kemenangan setelah Jovita memasukkan tembakan dari luar garis busur dua kali berturut-turut. Akurasi tembakannya kali ini luar biasa. Total, Jovita memasukkan lima kali tembakan bernilai dua poin. Tembakan terakhir, sekaligus mengunci kemenangan Indonesia.

Berkat kemenangan tersebut, Indonesia berhak melaju ke babak delapan besar sebagai runner-up grup B. Di posisi pertama ada Uzbekistan yang memenangi dua pertandingan di babak penyisihan.

Lawan di babak delapan besar sangat berat. Indonesia berhadapan dengan Australia. Meski harus melewati babak kualifikasi, tim putri Australia tampil dominan. Mereka memenangkan tiga pertandingan di babak kualifikasi. Setelah itu, Australia menjadi juara grup D setelah menghajar Jepang (20-14) dan Iran (22-3).

Sementara itu, tim putra Indonesia harus pulang lebih awal. Mereka tidak lolos babak kualifikasi. Meski di dua laga terakhir, Indonesia menang atas Samoa 20-19 dan Guam 21-17. Indonesia berada di urutan kelima dari enam negara yang ikut babak kualifikasi.

Foto: fiba.com dan @fiba3x3

Komentar