IBL

Tim Nasional 3x3 Putri Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 kembali menjalani Pemusatan Latihan atau Training Camp (TC). Kali ini ada sembilan pemain putri yang dipanggil mengikuti TC di Surabaya pada 25-31 Maret. Empat pemain yang terpilih akan dikirim ke Shenzhen, Tiongkok, 27 April hingga 1 Mei 2018 mendatang.

Berikut daftar sembilan pemain putri yang dipanggil TC Timnas 3x3 Indonesia di Surabaya;

"Sembilan pemain ini dipilih dari pantauan kami, manajer dan tim pelatih. Terakhir kami pantau juga penampilan mereka di Srikandi Cup Seri 3 Jakarta," ucap manajer Timnas 3x3 Indonesia, Fareza Tamrella.

TC kali ini berbeda, ada pergantian posisi kepala pelatih untuk tim putri. Sebelumnya tim putri diasuh oleh Tri Hartanto, sekarang posisi kepala pelatih dipegang oleh Wahyu Widayat Jati.

"Memang saat ini, Coach Cacing yang full sebagai kepala pelatih. Coach Cacing memang sempat menjadi penasihat teknik, tapi karena Coach Tri berhalangan, maka kali ini Coach Cacing yang menggantikan," lanjut Mocha, sapaan akrab Fareza Tamrella. "Kami memilih Coach Cacing juga karena prestasinya sebagai pelatih yang bagus."

Coach Cacing, panggilan sehari-hari Wahyu Widayat Jati, pernah membawa Timnas 3x3 putra Indonesia di Asian Beach Games Vietnam tahun 2016. Ia merasa mendapatkan tantangan baru bertugas sebagai kepala pelatih tim putri.

"Setelah regular season IBL bersama NSH Jakarta berakhir, manajer 3x3 menawarkan posisi pelatih teknik putri ke saya. Kalau tantangannya sih lebih ke masalah target karena disesuaikan dengan stok pemain yang ada. Target empat besar dan usia pemain di bawah 23 tahun. Kalau soal pemain, yang pasti semua pemain punya kesempatan yang sama untuk jadi pemain ini. Tidak ada faktor like and dislike," katanya.

Bila dihitung sejak awal TC Surabaya ini, maka Timnas 3x3 Putri Indonesia punya waktu sekitar 31 hari unutk berlaga di FIBA 3x3 Asia Cup 2018. Tim putri langsung berlaga di babak utama. Mereka akan bersaing di grup B bersama Yordania dan Taiwan.(*)

Foto: fiba.com

Komentar