IBL

Timnas 3x3 Putri Indonesia tidak akan diperkuat oleh Jovita Elizabeth Simon. Jojo, panggilan akrabnya, terpaksa harus beristirahat total karena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Jojo tidak akan tampil di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Uji tanding di Belanda menjadi persiapan tahap akhir timnas 3x3 putri Indonesia jelang Asian Games yang tinggal 39 hari lagi. Jojo sebenarnya sudah mendapat cedera pergelangan kaki saat bertanding di Streetball Masters, tapi dia tetap memaksa untuk bermain. Kemudian saat berlaga melawan timnas 3x3 Belanda, ACL kanan Jojo mengalami masalah.

"Saat melawan timnas Belanda, saya melakukan gerakan drive ke arah kanan dengan cepat. Saat itu saya menggunakan tumpuan kaki kanan. Akhir-akhir ini memang sering pakai kaki kanan karena yang kiri kena cedera pergelangan kaki. Mungkin terlalu padatnya jadwal jadi penyebabnya," ucap Jojo.

Persiapan menuju Asian Games untuk tim 3x3 memang padat. Dalam tiga bulan terakhir timnas 3x3 sudah bertanding di Ulanbaatar, Mongolia, lalu Shenzhen dan Chengdu, Cina. Setelah itu mereka terbang ke Amsterdam, Belanda dan terakhir di Manila, Filipina. Jojo sendiri setidaknya menjalani tujuh turnamen di empat negara tersebut.

Setelah mengalami cedera, Jojo langsung berangkat ke Manila untuk menjalani operasi. Prediksi awalnya, proses penyembuhan akan berlangsung selama enam hingga delapan bulan. Artinya, kesempatan tampil di Asian Games 2018 sudah tertutup.

"Sebenarnya saya masih ingin main di Asian Games. Tetapi memang sudah tidak mungkin, karena saya harus menjalani terapi di Filipina selama satu bulan. Setelah itu harus beristirahat panjang," katanya.

Absennya Jojo membuat pemain Pelatnas 3x3 Putri tinggal lima pemain yaitu Regita Pramesti, Putu Eka Liana Febiananda, Delaya Maria, Christie Rumambi Apriani Rumambi dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi.

"Kami sangat menyayangkan sekali dengan cedera yang dialami Jojo. Sehingga kemungkinan besar tidak bisa tampil di Asian Games. Sampai saat ini, peran Jojo di tim 3x3 putri belum bisa tergantikan. Jadi kami akan menggunakan pemain lain yang siap, namun kami masih mempertimbangkan siapa pemain yang paling tepat untuk menggantikan Jojo," kata Manajer Timnas 3x3 Indonesia untuk Asian Games, Fareza Tamrella. (*)

Foto: fiba.com dan instargram @jovitaelizabeth

Komentar