IBL

Youth Olympic Games atau Olimpiade Remaja tahun 2018 akan berlangsung di Buenos Aires, Argentina, 6-18 Oktober mendatang. Di cabang olahraga 3x3, ada 40 tim dari 33 negara yang akan menjadi peserta. Tim 3x3 putri Indonesia akan tampil di ajang tersebut.

3x3 masuk menjadi cabang olahraga di YOG pada tahun 2010 di Singapura. Sementara itu gelaran terakhir di Nanjing, Cina, tahun 2014 lalu, tim putra Lithuania dan tim putri Amerika Serikat yang menjadi juaranya. Saat itu, Indonesia juga mengikuti ajang ini.

"Indonesia pernah ikut tahun 2014, saat itu tim putra berisi Widi, Vincent, Rivaldo dan Iwan. Lalu di putri ada Regita, Nirmala, Winda dan Clarista," kata Kepala Sub Bidang 3x3 Perbasi, Anthony Gunawan.

Menurut Anthony, tim putri bisa lolos karena Indonesia ada di peringkat ke-16 untuk 3x3 U18 putri. Sedangkan tim putra tidak lolos karena ada di peringkat ke-25. Aturannya, yang lolos adalah negara yang menempati peringkat 20 besar.

"Indonesia akan langsung lolos dan tidak melewati babak kualifikasi. Beruntung tim putri Indonesia juara di FIBA Asia U18, jadi poinnya lumayan besar," ungkap Anthony.

Disinggung soal persiapan, Anthony masih belum bisa menjawab terlalu jauh. Hanya saja sudah ada delapan sampai 10 pemain yang berusia 15 hingga 18 tahun yang menjadi incaran.

"Karena belum ada arahan dari CDM Chief de Mission, maka persiapan baru sebatas long list player saja. Hanya saja untuk pemantauan pemain sudah dilakukan sejak tahun lalu," imbuhnya.

Sementara itu, dari 33 negara peserta, hanya tujuh negara yang berhasil memasukkan tim putra dan putri. Mereka adalah Andorra, Argentina, Cina, Estonia, Ukraina, Amerika Serikat dan Venezuela. Argentina bisa meloloskan dua tim karena mereka punya hak istimewa sebagai tuan rumah.

Berikut tim-tim yang berpartisipasi di 3x3 Youth Olympics Games 2018;

Putra: Argentina (tuan rumah), Belgia (Juara FIBA 3x3 U18 World Cup 2017), Andorra, Brasil, Cina, Estonia, Georgia, Italia, Yordania, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Mongolia, Selandia Baru, Rusia, Slovenia, Turkmenistan, Ukraina, Amerika Serikat dan Venezuela

Putri: Argentina (tuan rumah), Amerika Serikat (Juara FIBA 3x3 U18 World Cup 2017), Australia, Cina, Republik Ceko, Mesir, Estonia, Prancis, Jerman, Hungaria, Indonesia, Jepang, Meksiko, Belanda, Rumania, Spanyol, Sri Lanka, Ukraina, Andorra dan Venezuela.

Seperti turnamen 3x3 lainnya, selain pertandingan utama juga ada dua kontes yang selalu digelar yaitu Slam Dunk untuk putra dan Shoot-Out Contest untuk putri. (*)

Foto: fiba.com

Komentar