IBL

Tim Nasional 3x3 Indonesia segera terbang ke Shenzhen, Cina untuk mengikuti FIBA 3x3 Asia Cup 2018. Turnamen tersebut berlangsung mulai 27 April hinggal 1 Mei mendatang. Ini merupakan ujian pertama bagi Timnas 3x3 Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

Delapan pemain, empat putra dan empat putri, sudah berkumpul di Jakarta untuk melakukan pemusatan latihan. Tim putra dipimpin oleh Fandi Andika Ramadhani, sedangkan tim putri dengan kepala pelatih Wahyu Widayat Jati. Empat pemain putra antara lain, Muhammad Reza Fahdani Guntara, Henry Cornelis Lakay, Rivaldo Tandra Pengesthio dan Nuke Tri Saputra. Lalu di tim putri ada Christie Apriyani Rumambi, Yusranie Noory Assipalma, Jovita Elizabeth Simon dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol.

Tim putra akan berangkat lebih dulu yaitu pada 26 April, karena mereka akan menjalani babak kualifikasi dulu. Sementara tim putri yang sudah pasti masuk babak utama akan berangkat pada 28 April mendatang. Tim putra akan bertarung di babak kualifikasi melawan Australia, Iran, Samoa, Guam dan Hong Kong. Untuk tim putri, karena sudah lolos, maka mereka akan tampil di grup B bersama Yordania dan pemenang kualifikasi grup A untuk putri.

Baca juga: Tim 3x3 Indonesia Putra Harus Lewati Babak Kualifikasi Dulu (FIBA 3x3 Asia Cup)

"FIBA 3x3 Asia Cup itu kategorinya umum dan Indonesia memilih untuk mengirimkan tim U-23. Tapi kami punya tujuan, bahwa di turnamen ini para pemain bisa menambah pengalaman dan jam bertanding. Turnamen ini sekaligus menjadi bagian dari seleksi dan pemusatan latihan jangka panjang sebelum berangkat ke Eropa," ucap Fareza Tamrella, Manajer Timnas 3x3 Indonesia untuk Asian Games 2018.

Apapun hasilnya di FIBA 3x3 Asia Cup nanti tidak menjadi masalah. Sebab mereka akan kembali berlatih pada 7 Mei mendatang. Meski tidak mematok target, Fareza ingin para pemain menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Kami berencana memanggil enam pemain putra dan putri setelah Asia Cup. Jadi kalau penampilan pemain memuaskan maka akan kami panggil lagi, kalau kami anggap kurang, maka akan dicoret," imbuhnya.(*)

Foto: Fareza Tamrella

Komentar