IBL

Lini olahraga asal Jerman, adidas, kembali mendapat penghargaan. Kali ini, rumah produksi berbasis teknologi milik adidas, Speedfactory, memenangkan penghargaan German Innovations Awards kategori Large Enterprise dari pemerintah. Fasilitas adidas Speedfactory dianggap sebagai yang terbaik untuk menunjang visi produksi efektif nan inovatif. Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmeier, menyerahkan langsung penghargaan ini dalam upacara perayaan yang dilaksanakan di Munich pada 17 April 2018 waktu setempat.

Ada beberapa alasan mengapa adidas Speedfactory diganjar penghargaan ini. Speedfactory jadi percontohan produksi berbasis jaringan mengingat mereka punya beberapa pusat penelitian. Di samping itu, pusat penelitian dan teknologi milik adidas ini terbukti efektif melahirkan senjata ampuh untuk menyaingi produk garapan kompetitornya.

Tak hanya itu, pemerintah Jerman juga mengapresiasi usaha adidas Speedfactory dalam mendukung kebutuhan atlet dan masyarakatnya. Teknologi ini mampu menghadirkan sepatu dan perlengkapan olahraga berdasarkan algoritma geometrik atlet. Perkembangan ini diharapkan akan memberi dampak besar bagi dunia olahraga di Negeri Bavaria. Dengan adanya penghargaan ini, Speedfactory juga diharapkan bisa jadi rujukan produksi produk olahraga mutakhir dunia.

“Inovasi adalah dasar kesinambungan kesejahteraan," ujar Peter Altmeier saat upacara penganugerahaan seperti dikutip ISPO. "Ia juga berpengaruh dalam penyelesaian masalah sosial, demografi, serta jadi senjata dalam persaingan ekonomi global. Penghargaan ini bertujuan untuk memberi tahu betapa pentingnya inovasi bagi Jerman. Kami mengapresiasi tinggi bagi penerima (adidas Speedfactory) atas inovasi yang luar biasa.”

adidas membangun pusat penelitian dan inovasi bernama Speedfactory pada 2015 di Ansbach, Jerman. Mereka menyiapkan berbagai fasilitas mumpuni bagi desainer dan ilmuwan dalam merumuskan teknologi bagi kebutuhan para atlet dan konsumen. Lewat pusat penelitian ini, lahirlah teknologi mutakhir yang membawa adidas ke level selanjutnya. Produk pertama yang lahir dari Speedfactory adalah adidas Futurecraft M.F.G (Made for Germany) pada 2016 lalu.

Penghargaan ini jadi penghargaan pertama yang didapat adidas di tahun 2018. Sebelumnya, bantalan Futurecraft 4D menghadirkan dua penghargaan. Pertama, inovasi bantalan sepatu terbaru adidas itu memenangkan Design Award kategori Fast Company Innovation. Kedua, majalah TIME menobatkan Futurecraft 4D sebagai salah satu inovasi terbaik 2017.

Foto: adidas, Eriver Hijano untuk Wire

Komentar