IBL

Ketika persaingan Wilayah Barat semakin panas menjelang akhir musim reguler, Oklahoma City Thunder berhasil menembus playoff. Hasil itu mereka dapat setelah mengalahkan Miami Heat 115-93 di AmericanAirlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Senin malam, 9 April 2018 waktu setempat. Hasil itu sekaligus membuatnya naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan rekor 47-34.

Russell Westbrook, garda andalan Thunder, tampil panas hari ini. Ia mencatatkan tripel-dobel dengan 23 poin, 18 rebound, dan 13 asis. Paul George, forwarda, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 27 poin ketika Carmelo Anthony hanya memberi 11 poin dan 5 rebound. Kemudian, Jerami Grant menyumbang 17 poin meski turun sebagai pemain pengganti.

Di kubu Heat, Josh Richardson mencetak 18 poin. Hassan Whiteside 16 poin dan 8 rebound. Tyler Johnson dan James Johnson masing-masing 12 dan 11 poin. Justise Winslow, dari bangku cadangan, memberi 12 poin dan 9 rebound. Namun, usaha mereka tidak membuahkan hasil positif, meski unggul di awal laga.

Di kuarter pertama, Heat memimpin 27-21. Namun, sang tamu memukul balik di kuarter dua, mengekor ketat tuan rumah ketika Westbrook menunjukkan taringnya. Ia melakukan hampir semua hal; mencetak skor, mengalirkan bola ke tempat-tempat terbuka, dan mengambil bola-bola pantul sehingga mereka unggul perolehan poin (28-25). Sayangnya, Heat tetap unggul 52-49.

Setelah jeda, Carmelo Anthony menembuskan tripoinnya di awal kuarter; membuat Thunder hanya tertinggal dua poin. Namun, serangan-serangan tajam Heat membuat mereka melebarkan skor menjadi lima poin. Steven Adams, senter Thunder lalu berhasil menyamakan kedudukan 65-65 setelah menombok dengan kedua tangannya. Sayangnya, serangkaian serangan lawan membuat pasukan Kepala Pelatih Billy Donovan gagal membalikkan keunggulan lagi. Heat terus unggul 81-76.

Kuarter empat menjadi momok bagi tuan rumah. Patrick Patterson melepaskan dua kali tripoin, lalu Corey Brewer membalikkan kedudukan lewat layup. Thunder memimpin tipis 85-84. Sejak saat itu, mereka pun mendapatkan momentum untuk terus mencetak poin.

Heat sebenarnya mampu menyaingi tamunya sampai setengah pertandingan kuarter empat. Namun, pertahanan ketat Thunder membuat serangan-serangan mereka tumpul. Di sisi lain, Thunder justru mempertajam serangan mereka. Westbrook dan George menjadi dua nama yang membuat tuan rumah kewalahan. Heat tidak mencetak angka lagi di tiga menit terakhir. Sementara Thunder terus memimpin dan menang 115-93.

Thunder bisa memenangkan pertandingan karena dapat memanfaatkan lemparan bebas. Mereka unggul jauh dalam hal itu. Westbrook dkk. mendulang 31 poin dari sana sementara Heat hanya delapan. Akurasi tripoin mereka juga lebih baik (41 persen) daripada Heat (22,7 persen).

Dengan demikian, kini Thunder hanya menyisakan satu laga lagi di musim reguler meski sudah dipastikan ke playoff. Mereka akan menutup ini dengan menghadapi Memphis Grizzlies lusa. Sementara itu, Heat—yang juga sudah dipastikan lolos ke playoff dari Wilayah Timur—akan melawan Toronto Raptors.

Foto: Wilfredo Lee/AP

Komentar