IBL

Oklahoma City Thunder membuat persaingan tempat ke playoff di Wilayah Barat semakin panas. Mereka berhasil menumbangkan pemuncak klasemen, Houston Rockets, 108-102 di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu malam, 7 April 2018 waktu setempat. Kemenangan itu membuat mereka bertengger di peringkat tujuh dengan rekor menang 46-34. Kini Thunder tengah bersaing dengan New Orleans Pelicans (5) dan San Antonio Spurs (6) dengan rekor kemenangan yang sama.

Dalam kemenangan ini, Russell Westbrook hampir mencetak tripel-dobel. Ia membukukan 24 poin, 10 asis, dan 7 rebound. Sementara itu, Paul George mencetak 24 poin, 6 rebound, dan 3 asis.

Forwarda senior, Carmelo Anthony, juga memberi kontribusi dengan 22 poin dan 6 rebound. Stevens Adam dan pemain pengganti Jerami Grant lalu menambahkan masing-masing 12 poin.

Di kubu lawan, James Harden tetap menjadi senjata andalan Rockets. Ia mencetak 26 poin dan 9 asis. Chirs Paul, garda, mencetak 17 poin dan 9 asis ketika forwarda P.J. Tucker membukukan dobel-dobel 16 poin dan 10 rebound. Gerald Green dari bangku cadangan lalu memberi 14 poin.

Thunder sudah tancap gas sejak awal laga. Mereka memimpin 36-30 di kuarter pertama meski tampil tanpa Andre Roberson yang cedera. Roberson, garda, biasanya menjadi pemain bertahan yang menjaga Harden. ESPN bahkan menyebut pemain berusia 26 tahun itu sebagai “Harden stopper”. Namun, cederanya membuat Paul George harus menggantikan peran menghentikan serangan-serangan pemain berberewok itu.

Harden ternyata sulit dihentikan. Buktinya, ia menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan ini. Rockets pun mampu membalikkan keunggulan di kuarter dua dengan skor tipis 62-61.

Kuarter tiga berjalan sengit, kedua tim saling berbalas poin sehingga Rockets hanya unggul dua poin (21-19) di kuarter itu. Kedudukan kini 83-80, dan kuarter akhir pun menjadi penentuan.

Hanya tertinggal tiga poin, Thunder tentu masih punya kesempatan menang di kuarter empat. George yang kewalahan menjaga Harden ditarik keluar, sehingga Westbrook harus menggantikan perannya. Garda andalan Thunder itu melakukan segalanya untuk menahan Harden; berkelit ketika diberi penghalang (screen), melompat untuk menggangu operan lawan, sampai membuat pemain berberewok itu frustasi. Thunder sempat mencetak running point 9-0 berkat permainan Westbrook di sisa pertandingan. Mereka pun menang setelah mencetak total 28 poin di kuarter akhir sementara Rockets hanya tertahan di angka 19.

Dengan demikian, Thunder kini menyisakan dua pertandingan di musim reguler. Mereka akan bertemu Miami Heat sebelum akhirnya melawan Memphis Grizzlies. Sementara itu, Rockets mesti bertemu Los Angeles Lakers dan Sacramento Kings sebelum ke playoff.

Foto: Nathaniel S. Butler/Getty Images via Bleacher Report

Komentar