IBL

Tidak ada yang meragukan prestasi film pahlawan super terbaru besutan Marvel, Black Panther. Film dengan tokoh T’Challa sebagai pusat cerita telah melampaui berbagai rekor dunia perfilman Hollywood. Prestasi itu pun bertambah lagi. Black Panther jadi film pertama yang ditayangkan di Arab Saudi setelah penutupan bioskop dan pelarangan film sebagai hiburan masyarakat sejak 1983.

Rencananya, film yang disutradarai Ryan Coogler ini akan ditayangkan di AMC, sebuah waralaba bioskop internasional kelas atas. AMC juga telah mengantongi lisensi untuk membuka 40 cabang di 15 kota di negeri minyak tersebut. Untuk saat ini, hanya warga Kota Riyadh yang bisa menikmati kemegahan bioskop AMC. Black Panther akan melaksanakan gala premier disana pada 18 April 2018.

Gedung bioskop pertama di Arab Saudi setelah 35 tahun ini tergolong mewah. AMC mengambil alih gedung yang dulunya adalah teater simfoni musik klasik. Terletak di distrik King Abdullah Financial, AMC Riyadh memiliki 600 kursi berlapis kulit dengan fasilitas bintang lima. Bahkan, tersedia balkon khusus untuk penonton VIP serta seluruh toilet berbahan marmer.

Raja Muhammad bin Salman Al-Saud, Raja Kerajaan Arab Saudi yang memangku jabatan di usia ke 32 tahun menggantikan Raja Salman Al-Saud pada 2017.

 

Menurut BBC, industri bioskop di semenanjung Arab bagai ladang emas dengan 70 persen penduduk berusia di bawah 30 tahun bergelimang kemakmuran. Operator bioskop diprediksi bisa meraih keuntungan mencapai AS$1 Triliun dari total rencana pembangunan 350 bioskop per 2030. Black Panther akan jadi pembuka kesuksesan ladang emas tersebut.

Walau telah diijinkan kembali pada Desember 2017 lalu, peredaran film di Arab Saudi tetap akan dipantau ketat pemerintah. CinemaBlend menyebutkan bahwa film-film yang ditayangkan di bioskop Arab Saudi akan melewati lembaga sensor untuk menyaring konten yang tidak sesuai.

Kebijakan ini merupakan turunan dari kebijakan raja baru Arab Saudi, Muhammad bin Salman Al-Saud. Ia ingin menjadikan Arab Saudi sebagai negara Islam moderat. Selain membuka kembali bioskop, Arab Saudi berencana untuk mengizinkan kembali perempuan mengemudi per Juni 2018. Tak hanya itu, putra pertama dari istri ketiga Raja Salman Al-Saud ini akan menghapuskan pemisahan penduduk berdasarkan gender di tempat umum.

Bagi Anda yang ingin menonton aksi Black Panther, kabar gembira datang dari Marvel. Film The Avengers: Infinity War dijadwalkan akan tayang di bioskop seluruh dunia pada 27 April 2018.

Komentar