IBL

Kekuatan San Miguel Alab Pilipinas di babak playoff ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018 berkurang. Ini karena Rico Maierhofer dipastikan absen hingga akhir musim karena cedera Medial Collateral Ligament (MCL) pada lutut kanannya.

Maierhofer, 32 tahun, menderita cedera tersebut saat pertandingan terakhir musim reguler menghadapi CLS Knights Indonesia, di Sta. Rosa, Laguna, 25 Maret 2018. Ia sempat bermain selama empat menit dan menyumbangkan dua poin. Dokter tim Alab masih memberinya perawatan intensif beberapa hari terakhir. Tapi akhirnya diputuskan bahwa Maierhofer harus beristirahat lebih lama.

Seperti dilansir spin.ph, pemilik Alab Pilipinas, Charlie Dy mengatakan, cedera yang diderita Maierhofer membutuhkan waktu empat minggu masa penyembuhan. Belum lagi, ia harus menjalani masa pemulihan cedera. Oleh karena itu, manajemen memutuskan pemain yang pernah menjadi PBA Rookie of the Year 2010 tersebut harus meninggalkan ABL musim ini. Maierhofer sempat terlihat saat Alab bertanding melawan Saigon Heat pada laga pertama babak perempat final. Ia tampak mengenakan pelindung lutut.

Maierhofer yang berposisi sebagai forwarda dan senter itu, musim ini memainkan 18 dari 20 pertandingan bersama Alab. Rata-rata ia bermain selama 10 menit dan menghasilkan 3,2 poin dan 3,4 rebound per pertandingan.

Sementara itu, pemain senior Alab yang kini menderita cedera adalah Josh Urbiztondo. Ia dikabarkan masih belum pulih dari cedera hamsting. Tapi Charlie Dy mengungkapkan bahwa Urbiztondo bisa diturunkan ketika Alab tampil di semifinal nanti.

Alab kini memegang keunggulan 1-0 atas Saigon Heat di babak perempat final. Mereka menang 110-100 di rumahnya, Fil Oil Flying V Arena, 1 April lalu. Alab akan menjalani pertandingan kedua di rumah Heat, CIS Arena, Ho Chi Minh City, Vietnam pada 7 April mendatang. Bila mereka berhasil memenangkan laga, maka Hong Kong Eastern sudah menanti di babak semifinal.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar