IBL

CLS Knights Indonesia merasakan pahitnya kekalahan setelah menang dua laga beruntun sebelumnya. CLS Knights menyerah 67-84 dari tuan rumah San Miguel Alab Pilipinas di Caloocan Sport Center, Filipina, Rabu malam, 21 Maret 2018. 

Pertahanan Alab mampu menahan CLS Knights dengan hanya mencetak 34 persen akurasi tembakan (field goals). Hanya dua pemain CLS Knights yang bisa mencetak poin digit ganda. Brian Williams menyumbangkan 19 poin dan 18 rebound, lalu Shane Edwards menambahkan 17 poin dan delapan rebound. Sementara itu pemain asing keturunan, Freddie Lish tak berdaya melawan pertahanan garda Alab. Ia yang bisa mencetak 28 poin saat mengalahkan Westports Malaysia Dragons, pekan lalu, justru hanya mencetak dua poin saja. Freddie memasukkan satu dari delapan kesempatan tembakan.

Di kubu Alab, Bobby Ray Parks Jr. memimpin dengan 21 poin dengan delapan dari 15 percobaan tembakan. Ia juga menambahkan lima rebound, dua asis dan satu blok. Kemudian ada Justin Brownlee yang menyumbang 15 poin, tujuh rebound, lima asis dan dua steal. Tapi Alab harus kehilangan Renaldo Balkman di babak kedua karena cedera pergelangan kaki. Sebelum cedera, ia sempat memasukkan 12 poin.

Sepanjang pertandingan, Alab dominan atas CLS Knights. Hanya saat tembakan bebas Williams di sisa delapan menit kuarter ketiga, CLS Knights mendekat dengan jarak sembilan poin (35-44). Setelah itu, Alab kembali melebarkan jarak poin. Alab melaju 15-4 di sisa kuarter ketiga. Ini memberikan Alab keunggulan 24 poin (71-47). Sejak saat itu, CLS Knights tak mampu mendekati perolehan poin Alab hingga pertandingan berakhir.

Salah satu faktor kemenangan Alab karena dua pemain cadangan lokalnya bisa menggantikan peran pemain inti. Alab tidak memainkan Robbie Celiz dan garda senior Josh Urbiztondo karen cedera. Tapi Lawrence Domingo dan Paolo Javelona mampu bermain baik. Dominggo mencetak tujuh poin dan 12 rebound, sedangkan Javelona menghasilkan enam poin, tiga rebound dan dua asis.

Kemenangan tersebut membuat rekor Alab menjadi 13-6. Mereka membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa bertengger di peringkat kedua klasemen yang saat ini ditempati Hong Kong Eastern. Selanjutnya mereka akan kembali berhadapan dengan CLS Knights, 25 Maret 2018, di Filipina. Pertandingan tersebut merupakan laga terakhir bagi kedua tim di musim reguler ASEAN Basketball League ABL 2017-2018.(*)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar