IBL

San Miguel Alab Pilipinas menundukkan Saigon Heat, 110-100, di laga pertama Perempat Final ABL 2017-2018, di FilOil Flying V Center, San Juan, Minggu, 1 April 2018. Lewat kemenangan tersebut, satu kaki Alab sudah menginjak babak semifinal.

Bobby Ray Parks Jr. memimpin perolehan poin Alab dengan 24 poin, empat rebound, 3 asis dan dua steal. Disusul dua bintang asing, Justin Brownlee hampir mencetak triple-double setelah mengemas 22 poin, 11 rebound dan delapan asis, serta Renaldo Balkman menambahkan 17 poin dan 20 rebound.

Balkman dan Brownlee berupaya keras di kuarter pertama. Mereka memberikan keunggulan 28-17 di akhir kuarter setelah memimpin 9-0 di menit-menit awal. Namun, Heat yang digawangi Maxie Esho menolak menyerah. Mereka bisa mendekat empat poin, 42-46, di pertengahan kuarter kedua. Tapi saat kuarter kedua berakhir, Alab tetap memimpin 57-47.

Heat berupaya keras membalikkan keadaan di kuarter ketiga. Sayangnya usaha tersebut gagal karena di menit-menit akhir, pemain Alab mencetak poin berharga. Dondon Hontiveros membuat Alab unggul 14 poin, 86-70, lewat tembakan tripoin dari pojok lapangan. Kemudian John Raymundo mencetak empat poin di akhir kuarter. Alab unggul 90-72 di kuarter ketiga.

Di kuarter keempat, lay-up Parks membawa Alab unggul 20 poin, yang menjadi jarak paling lebar untuk kedua tim. Namun setelah itu, Maxie Esho tampil beringas dan kembali membuat jarak poin mendekat menjadi 12 poin, 103-91. Tak ingin kalah di hadapan pendukungnya sendiri, Alab berusaha untuk tetap menjaga keunggulan hingga akhir laga.

Malam itu, Heat hanya memainkan enam dari 11 pemain. Esho bisa mencetak 42 poin setelah bermain selama 40 menit. Lalu Akeem Scott dan Michael Williams masing-masing menghasilkan 19 poin. Sedangkan Moses Morgan bisa menambahkan 16 poin.

Saigon Heat dan Alab Pilipinas akan kembali bertemu pada laga kedua babak perempat final. Kali ini giliran Heat yang menjadi tuan rumah. Laga tersebut dijadwalkan berlangsung pada 7 April 2018 di CIS Arena, Saigon.

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar