IBL

San Miguel Alab Pilipinas tergelincir ke posisi ketiga klasemen akhir ASEAN Basketball League ABL 2017-2018. Artinya, mereka tidak bisa langsung berada di semifinal. Alab harus berjuang di playoff babak pertama alias perempat final. Sayangnya di babak tersebut, Alab terancam tidak bisa memainkan tiga pilar utamanya karena cedera.

(Baca juga: Skema dan Jadwal Pertandingan Playoff ABL 2017-2018 )

Alab akan berhadapan dengan Saigon Heat Vietnam yang menduduki peringkat keenam. Keduanya akan bertemu di laga pertama hari Minggu, 1 April 2018 di Filoil Flying V Center, Filipina. Lalu pertemuan kedua akan berlangsung Rabu, 4 April 2018 di CIS Arena, Ho Chi Minh, Vietnam. Sementara itu, bila diperlukan laga ketiga, maka Alab berhak menjadi tuan rumah. Kali ini mereka menyiapkan Sta. Rosa Multi Purpose Complex yang akan menjadi tempat pertandingan di tanggal 11 April 2018.

Musim ini, Alab sebenarnya punya kesempatan langsung melaju ke semifinal. Terutama saat mereka mendapatkan suntikan tenaga dari Justin Brownlee dan Renaldo Balkman. Tapi Alab harus turun ke peringkat ketiga setelah Chong Son Kung Fu bisa mengalahkan Hong Kong Eastern di laga terakhir musim reguler.

"Tahun ini, kami memiliki pemain-pemain hebat dan staf pelatih yang hebat. Orang-orang ini punya pengalaman. Kami juga punya dua pemain impor kaliber NBA. Kami pemain lokal akan melakukan yang terbaik demi mendukung performa mereka," ucap Bobby Ray Parks Jr., seperti dilansir spin.ph.

Lebih jauh, Parks mengatakan tidak keberatan bermain di playoff babak pertama, meski saat ini kondisi timnya pincang. Ada tiga pemain lokal yang selama ini juga menjadi pemain kunci masih belum bisa dimainkan. Mereka adalah Josh Urbiztondo, Robby Celiz dan Rico Maierhofer. Mereka menderita cedera di laga-laga terakhir musim reguler.

"Sangat menyenangkan berada di semifinal, kami bisa beristirahat. Tapi kali ini tidak. Kami harus berjuang untuk bisa sampai ke semifinal. Jujur semua pemain saat ini punya keluhan. Saya sendiri agak sedikit kaku dan sakit di kaki. Itu bukan alasan, saya tetap bersemangat menghadapi perempat final," kata Parks.

Bila berhasil menang, maka Alab ditunggu oleh juara bertahan Hong Kong Eastern, di semifinal.

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar