IBL

Sepatu basket tidak hanya Nike, Under Armour, dan adidas. Frasa itu akan terlintas di benak Anda bila melirik dunia basket NBA tahun 1980-an. Di era itu, Converse Pro Leather jadi sepatu basket andalan legenda-legenda NBA seperti Larry Bird dan Julius “Dr. J” Irving. Bahkan, Michael Jordan muda pun menggunakannya saat menjuarai kompetisi NCAA mewakili North Carolina Tar Heels pada 1982. Lewat gelar itu, bakat Jordan di bidang basket dilirik berbagai pihak.

Momen itu coba dibuka kembali oleh Converse di tahun 2018. Edisi Pro Leather yang legendaris itu dibuat ulang untuk memperingati 35 tahun raihan Jordan juarai NCAA 1982 bersamaan dengan Universitas Carolina Utara yang menjuarai NCAA 2017. Tinker Hatfield dan Dan Sunwoo didapuk menjadi desainer serta bertanggung jawab untuk merampungkannya. Edisi ini diberi nama Converse Pro Leather “Birth of Michael Jordan”. Mereka juga bertanggung jawab terhadap desain apik Air Jordan 3 "Seoul" yang baru saja dirilis untuk memperingati 30 tahun Air Jordan 3.

Dokumentasi pertandingan North Carolina Tar Heels melawan Villanova Wildcats di salah satu laga NCAA musim 1982. Di foto karya John Pinone ini pula, Jordan tertangkap tengah bertanding menggunakan Converse Pro Leather "UNC".

 

“MJ (Michael Jordan) menggunakan Converse Pro Leather di kejuaraan basket NCAA 1982. Ia pernah mengatakan bahwa momen itu jadi momen ia benar-benar merasakan menjadi Michael Jordan yang ia impikan,” ungkap Hatfield dikutip dari Nike News. Ungkapan Jordan tersebut jadi inpsirasi terbesar Hatfield dan Sunwoo untuk mengerjakan tugasnya.

Detail utama tampak pada sisi samping sepatu. Ornamen bintang (Star Chevron) yang biasa terpampang di sisi luar, diganti dengan bordir logo Air Jordan (Jumpman 23). Logo bintang tersebut dibuat dengan bentuk yang sama namun dibentuk lebih sederhana dari versi Pro Leather biasa.

Perubahan detail lain dilakukan di bagian tumit (heel). Untuk tumit sepatu kiri, Hatfield dan Sunwoo memunculkan motif Tar yang terinpsirasi dari celana seragam basket UNC 1982. Sementara di sepatu kanan, motif berlian (argyle) tersemat sebagai bentuk penghormatan untuk tim UNC 2017.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan Converse Pro Leather “Birth of Michael Jordan”. Sepatu ini diberikan cuma-cuma pada seluruh tim basket UNC 2017. Lalu dijual khusus kepada kalangan kerabat dan keluarga (friends and family) Air Jordan yang sudah terdaftar.

Sumber Foto: Nike, John Pinone via Getty Images

Komentar