IBL

Aktor muda Kenny Austin rupanya mempersiapkan diri cukup serius untuk pengerjaan proses ambil gambar film Mata Dewa. Film ini mengambil cerita tentang perjuangan Dewa yang diperankan Kenny Austin untuk membawa tim basket di sekolahnya mencapai juara liga basket pelajar. Karena film ini bertema olahraga, maka proses ambil gambar membutuhkan stamina prima. Hal itu berkaitan dengan adegan-adegan yang kebanyakan membutuhkan kondisi fisik yang baik.

“Saat pertama kali membaca naskah, saya sudah membayangkan akan menjalani banyak adegan bermain basket. Mau tidak mau memang harus ada persiapan khusus, terutama menjaga fisik dan stamina agar saat syuting saya tidak kepayahan,” ujar Kenny.

Aktor kelahiran Medan ini membeberkan lima hal yang dia persiapkan untuk proses produksi film drama olahraga tersebut. “Proses ambil gambar berbeda dengan bermain basket pada umumnya. Kalau bermain basket waktunya sudah pasti 4x12 menit. Tapi, proses ambil gambar bisa seharian penuh. Itu yang jadi alasan utama saya harus lebih meningkatkan latihan fisik,” papar Kenny.

Apa saja persiapakan khusus tersebut? Berikut pengakuan Kenny Austin.

Latihan Fisik

Sebenarnya Kenny Austin sudah terbiasa bermain basket, tapi untuk film ini dia tetap harus berlatih lebih. Mulai dari lari hingga pergi ke pusat kebugaran ia lakukan secara rutin tiap harinya demi meningkatkan ketahanan fisiknya.

Menjaga Nutrisi

Kekuatan fisik harus ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik pula, begitu menurut Kenny. Sehingga pola makan juga benar-benar dijaga dan tak sembarangan makanan bisa dia konsumsi. Sayur-sayuran, susu, dan protein adalah menu wajib yang penting bagi tubuh.

Persiapan Mental

Kelelahan akibat dari aktivitas fisik akan mendorong emosi orang lebih tinggi dari biasanya. Kenny menyadari hal itu sehingga dia juga memberikan porsi latihan mental selama persiapan dan saat syuting berlangsung. Kenny pun rutin melakukan meditasi. Menurutnya, meditasi mampu menjaga stabilitas emosinya dan baik untuk pernafasan.

Disiplin

Salah satu pembelajaran yang didapat dari berolahraga adalah kematangan disiplin diri. Oleh karenanya, Kenny juga mendorong dirinya untuk lebih disiplin lagi dalam mengatur waktu yang cukup padat. Terlebih lagi di film Mata Dewa ini, disiplin juga menjadi salah satu kunci dari lancarnya produksi film.

Cukup Istirahat

Hal ini adalah yang terpenting namun kerap disepelekan orang-orang. Selama pengambilan gambar yang menyita waktu dan tenaga, menyisihkan waktu istirahat adalah kunci lain dari Kenny untuk menjaga kebugarannya.

Setelah selesai proses produksi film Mata Dewa, jadwal kegiatan Kenny belum berhenti. Ia bersama tim menjalani tur ke beberapa kota hingga pertandingan basket digelar sebagai rangkaian promo. Kegiatan ini masih akan berlanjut hingga film yang ia bintangi tayang pada tanggal 8 Maret 2018.

Kegiatan promo film tersebut tentu juga menguras energi, namun beruntungnya Kenny sudah terbiasa dengan kegiatan yang padat dan menguras tenaga. Jadi, selama promo film tersebut, Kenny merasa tak ada masalah sekali pun jadwalnya cukup padat.

Foto: Dok. DBL Indonesia

Komentar