IBL

Bagi Anda penikmat musik cadas, nama Metallica akan selalu terngiang. Peraih penghargaan Rock n Roll Hall of Fame ini punya segudang lagu yang bisa "membakar" suasana hati. Tak hanya itu, Metallica terbukti punya desain logo album yang apik. James Hatfield dkk. selalu punya cara sendiri untuk memamerkan logo mereka. Salah satunya dengan menyantumkannya di sepatu.

Vans akan merilis kolaborasi teranyar mereka bersama Metallica. Ini adalah kali ke tiga mereka berkolaborasi. Untuk kolaborasi ini, merek yang telah berdiri sejak 1966 itu tak hanya merilis sepatu, namun juga kaos dan topi berjenis trucker. Berbeda dengan dua koleksi kolaborasi sebelumnya, koleksi Vans x Metallica terbaru ini dibuat dengan desain yang tergolong sederhana. Sepertinya, mereka sepakat menggunakan prinsip sedikit justru lebih banyak (less is more).

Vans menggunakan desain logo dari album kedua Metallica. Album bertajuk Ride the Lightning yang dirilis pada 1984 itu punya sisi historis tersendiri. Majalah Kerrang! menyatakan bahwa album ini berkontribusi dalam perkembangan genre heavy metal yang saat itu kurang diminati. Walau sukses di Eropa dan Amerika Serikat, Ride the Lightning jadi momentum berakhirnya kerja sama Metallica dengan Dave Mustaine. Tak lama setelah itu, Dave memulai kembali perjalanan bermusiknya dengan mendirikan Megadeth.

 

Kisah itu layak untuk diungkap kembali. Oleh karena itu, Vans menyertakan logo album tersebut untuk menghias dua siluet legendaris mereka, Sk8 Hi Reissue dan Slip On.

Kedua sepatu dibuat dengan bahan kulit dan kanvas. Warna hitam pekat dipilih untuk semua koleksi. Terdapat dua detail dominan di koleksi ini, yaitu logo Ride the Lightning di bagian belakang pada Sk8 Hi dan di bagian atas untuk Slip On. Vans juga menggabungkan logo House of Vans dan Ride the Lightning untuk disematkan di kaos dan topi.

Penyajian detail Vans tak berhenti disitu. Di bagian sol samping sepatu, Vans mencetak sempurna logo tersebut dengan menggunakan laser. Bagi kolaborasi Metallica, detail seperti ini merupakan yang pertama. Walau begitu, ini bukan kali pertama Vans menyertakan detail di bagian yang cukup sulit itu. Anda bisa menemukan detail di bagian tersebut di koleksi kolaborasi dengan band-band walau hanya dalam bentuk cap logo band.

Koleksi Vans x Metallica 2018 ini sudah dapat dibeli per tanggal 16 Februari 2018. Penjualan dilakukan melalui situs pembelian Vans serta situs pembelian aksesoris resmi Metallica.

Sumber Foto: Billboard, Vans

Komentar