IBL

Bagi penikmat olahraga skateboard, nama Steve Caballero adalah seorang legenda. Caballero adalah pemain skateboard yang berangkat dari sekadar hobi, kemudian ia menjadikan skateboard itu hidupnya. Ia tergabung dalam sebuah grup skateboard bernama Bones Brigade. Grup ini terdiri atas pemain skateboard kawakan di era 1980-an: Steve Caballero, Tony Hawk, Tommy Guerrero, Lance Mountain, Rodney Mullen dan Mike McHill.

Kepopuleran mereka semakin di atas awan ketika Stacey Peralta mengajak mereka membintangi film "The Search for Animal Chin" yang dirilis pada 1987. Film ini sukses besar pada masanya. Kesuksesannya pun mengantarkan pemainnya ke level yang lebih jauh di karir masing-masing.

Setelah membintangi film itu, Caballero bergabung dengan tim skateboard Vans pada 1988. Tak lama, Vans merilis Full-Cab, seri yang diproduksi sebagai bentuk apresiasi pada Caballero. Namun, ia tak begitu menyukainya karena bagian atas (upper) yang terlalu tinggi. Hingga akhirnya pada 1991, ia memotong sendiri bagian atas sepatu tersebut lalu ia tutup bekas potongan itu dengan solasi. Dengan sepatu modifikasi itu, Caballero justru meraih beberapa juara kompetisi skateboard bergengsi.

Melihat hal itu, Vans berinisiatif membuat sepatu yang sesuai dengan karakter bermain skateboard Caballero. Pada 1993, Vans merilis Half-Cab. Bentuk modifikasi Full-Cab yang mengikuti gaya modifikasi Caballero. Tentu saja tanpa isolasi di bagian atas.

Sepatu ini sangat populer. Anak muda di masanya menggunakan Haf-Cab ketika bermain olahraga ekstrim. Sebut saja skateboard dan BMX. Hingga kini, Vans Half-Cab dianggap punya bagian atas (upper) yang memenuhi kebutuhan keamanan untuk melindungi kaki penggunanya.

Tak terasa, siluet ini telah berusia 25 tahun. Melirik kembali pada sejarah tersebut, Vans Half-Cab layak dikenang. Tak hanya itu, tahun ini bertepatan pula dengan 45 tahun Caballero berkecimpung dengan skateboard. Dua momen penting itu tentu layak diabadikan. Untuk itu, Vans merilis Half-Cab yang telah dipercantik sedemikian rupa untuk memperingati momen tersebut.

Basis untuk seri 25th Anniversary menggunakan basis Half-Cab Pro. Bagian luar sepatu ini menggunakan suede berbahan terbaik dengan detail border “XXV” di bagian tumit. Sol dalam menggunakan UltraCrush HD untuk kenyamanan saat digunakan ketika bermain skateboard. Lebih dari itu, bagian dalam dilapisi lapisan Duracap untuk memaksimalkan kenyamanan. Bagian lidah dipercantik dengan tulisan Half-Cab.

Vans Half-Cab 25th Anniversary Pack sudah bisa didapatkan melalui situs resmi Vans dan gerai Vans terpilih di beberapa negara di dunia.

Sumber Foto: The Search for Animal Chin (1987), Vans, Vans Archieve

Komentar