IBL

Persaingan antara Marvel dan DC Comic memang tak terbantahkan. Sejak lama, mereka telah memproduksi komik dan film dengan tokoh pahlawan super yang apik. Tiap rumah produksi tersebut punya pahlawan supernya masing-masing dengan karakter yang hampir sama. Walau begitu, kesemuanya punya cerita yang akan selalu diingat.

Bagi penggemar DC Comic, figur manusia kelelawar satu ini jadi sosok legendaris. Ya, Batman adalah pahlawan super yang didukung kekayaan luar biasa sehingga mampu mengembangkan senjata mutakhir. Senjata buatannya itu kemudian digunakan untuk mengamankan Kota Gotham dari serangan musuh jahat yang datang kapan saja.

 

Sosok arogan nan misterius jadi penggambaran tokoh Bruce Wayne, pria di balik sosok pahlawan Batman. Tak banyak aktor yang bisa memerankannya dengan baik sehingga diingat oleh khalayak ramai. Lain cerita dengan Michael Keaton. Ia berperan jadi sosok Bruce Wayne di film Batman Returns. Proses pembuatan film ini berlangsung pada 1991 dengan Tim Burton didapuk menjadi sutradara. Setahun kemudian, film ini dilepas ke publik dan sukses besar.

Bila Anda pernah menonton film ini, Anda tidak akan menemukan adegan Batman sedang bermain basket menggunakan Air Jordan 6. Bukan pula adegan Bruce Wayne tengah memilih sepatu di sebuah toko olahraga. Lalu, kapan Batman menggunakan Air Jordan 6 di film Batman Returns? Jawabannya adalah di setiap ia mengamankan Kota Gotham. Ya, sepatu boot hitam Batman di film ini adalah Air Jordan 6 "Dark Knight" yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok dengan kostum Batman.

 

Nike memang tak pernah merilis sepatu ini namun modifikasi yang dilakukan tergolong ekstrem. Modifikasi tersebut membuat sepatu ini tak lagi cocok digunakan untuk bermain basket. Bagian atas ditinggikan setinggi lutut Michael Keaton sehingga menyerupai sepatu boot. Logo Nike di bagian belakang diganti dengan logo Batman. Nike hanya meninggalkan logo Jumpman 23 di bagian sol bawah, itupun berwarna hitam. Logo tersebut melebur dengan sol bawah yang juga dibalut warna hitam pekat. Dengan modifikasi seperti ini, maka akan sulit kita untuk mengenali siluet Air Jordan 6 di film tersebut.

Walau begitu, ini bukan kali pertama sosok Batman menggunakan sepatu basket untuk menyelamatkan Kota Gotham. Merujuk pada film berjudul Batman pada 1989, pahlawan super bertopeng hitam ini menggunakan Nike Air Trainer III berwarna hitam pekat yang juga hasil modifikasi. Sama seperti Air Jordan 6 di atas, Nike Air Trainer III milik Batman ini juga tak pernah dirilis ke publik.

 

Walau hanya untuk kebutuhan properti film, dua sepatu ini akan punya tempat tersendiri baik di skema sneaker maupun dalam perjalanan film Batman. Khususnya bagi para penggemar Michael Jordan. Akan menarik bila akhirnya Nike merilis masal Air Jordan 6 yang digunakan Michael Keaton suatu saat nanti.

Sumber Foto: GQ, Batman Returns (1992)

Komentar