IBL

Loop 3X3 Competition National Camp memasuki hari kedua dari tiga hari penyelenggarannya. Masih bertempat di lapangan utama DBL Academy, Surabaya, Jawa Timur, para peserta menghadapi tantangan baru hari ini, Rabu 24 Januari 2018.

Setelah melalui latihan permainan dasar basket yang cukup berat di hari pertama. Para peserta diberikan lebih banyak kontak dengan bola di hari kedua. Bila pada hari pertama ada kelas fisik, pagi ini tim pelatih menghilangkan kelas tersebut bersama dengan pembagian empat kelompok yang dihilangkan. Semua peserta memulai pagi dengan latihan lantun bola (dribble) secara bersamaan di sepanjang lapangan.

“Kita dapat masukan dari Coach Ignatov dan Bulut untuk memperbanyak sentuhan bola dengan para peserta. Hari pertama, peserta lebih banyak berlari dan berlari sepanjang hari tanpa sentuhan dengan bola yang banyak. Akhirnya, para peserta kelelahan dan kurang maksimal,” ungkap Dimaz Muharri yang tergabung dalam tim pelatih tentang latihan sesi pagi.

 

Setelah istirahat makan siang, latihan berubah menjadi uji tanding tiga lawan tiga. Lapangan dibagi menjadi dua bagian: satu untuk putra, satu lagi untuk putri. Para peserta menunjukan semangat dan sportivitas yang tinggi selama uji tanding yang dilaksakan tujuh menit tiap laga. Pelatih tamu, Dusan Bulut, memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanding melawannya di akhir sesi latihan. Ia bergabung bersama Dimaz dan Fandi Andika Ramadhani untuk melawan tim-tim peserta, baik putra maupun putri. Laga ekshibisi ini menyajikan lebih banyak tawa sekaligus memberikan pengalaman berharga bagi para peserta untuk melawan Bulut. 

 

“Jangankan para peserta, saya sebagai pelatih saja lelah di hari pertama. Akan tetapi, anak-anak tetap menunjukkan semangat yang tinggi di hari kedua ini. Saya senang, mereka mau menfaatkan waktu tiga hari yang berharga ini dengan dilatih salah satu pemain terbaik 3X3 di dunia. Ini adalah kesempatan yang bagus bagi peserta juga pelatih dengan bermain bersama Coach Ignatov dan Bulut,” ujar Rama, sapaan akrab Fandi Andika Ramadhani, pemain Stapac Jakarta sekaligus pelatih timnas 3X3 Indonesia.

Menutup hari terakhir Loop 3X3 Competition National Camp besok, panitia penyelenggara plus pelatih berencana akan membaginya dalam tiga sesi. Ada sesi latihan pagi dan uji tanding seperti yang dilakukan hari ini. Akan ada pula pesta perpisahan para peserta dan tim pelatih yang sekaligus penganugerahan peserta terbaik bagi putra maupun putri.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar