IBL

DBL Indonesia seolah tak mau berhenti memberikan sumbangsih kepada dunia perbasketan nasional. Setelah secara konsisten menyelenggarakan turnamen bola basket antarpelajar sejak 2004, mereka terus memunculkan terobosan baru. Kali ini basket 3X3 mendapatkan panggungnya sendiri.

Dengan tajuk Loop 3x3 Competition National Camp, DBL Indonesia bekerja sama dengan PT. Telkomsel untuk mengadakan sebuah pemusatan latihan selama tiga hari. Pemusatan itu digelar di lapangan DBL Academy, Surabaya, Jawa Timur, pada 23-25 Januari 2018.

Pemusatan latihan ini diikuti para peserta terbaik, baik putra maupun putri, dari Loop 3X3 Competition yang sudah digelar di 25 kota sepanjang 2017 lalu. Kemudian ada pula 7 putra dan 7 putri terbaik yang terpilih dari kompetisi Road to Loop 3X3 Competition. Perlu diketahui, Loop 3X3 Competition adalah kompetisi tambahan yang digelar bersama liga basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DBL.

Loop 3X3 Competition menjanjikan daya tarik lebih bagi para pesertanya. Mereka mengundang salah satu pemain terbaik Indonesia yang pernah menjuarai FIBA 3x3 World Tour Tokyo Masters 2013, Fandi Andika Ramadhani, sebagai pelatih. Belum cukup di situ, mereka juga mendatangkan “Michael Jordan”-nya 3x3, Dusan Domovic Bulut.

Bulut adalah pemain peringkat atas di dunia basket 3X3. Ia pernah meraih dua kali emas FIBA 3X3 World Cup, dua kali juara FIBA 3X3 World Tour, serta pernah menjadi pemain peringkat satu pada 2015 lalu.

Bulut tak datang seorang diri, ia mengajak seseorang yang paling berjasa dalam segala pencapaiannya yang sudah di sebutkan di atas. Pada kesempatan ini, jagoan 3x3 itu mengajak pelatihnya, Dusan Ignatov. Ignatov sendiri telah melatihnya sejak ia berumur 9 tahun, dan sekarang Bulut telah berusia 32 tahun.

Hari pertama pemusatan latihan telah dimulai pagi tadi. Sebanyak 64 putra dan putri terbaik dibagi dalam empat kelompok dengan materi latihan yang berbeda, mulai dari cara menembak, mengumpan, melantun bola, hingga latihan fisik. Nantinya, latihan-latihan tersebut akan terus ditingkatkan levelnya hingga dua hari ke depan.

“Kami tidak pernah berhenti untuk mendukung perkembangan basket Tanah Air. Indonesia punya potensi bersaing di kancah dunia dalam ajang 3X3, dan kalianlah calon-calon wakil Indonesia mendatang,” ujar Donny Rahardian, manajer umum PT. DBL Indonesia, dalam acara pembukaan pemusatan latihan siang ini.

Bulut juga tak mau ketinggalan menyapa para peserta. ”Saya memulai latihan basket sejak umur 9 tahun. Dulu, saya bukanlah pemain tercepat, terkuat, atau bahkan terbaik. Tapi, saya selalu berlatih dengan keras dan senang hati. Kalian semua harus berlatih keras tiap saat supaya bisa menikmati hasil terbaiknya di akhir nanti. Dan, tentunya jangan pernah menyerah dalam melewati segala rintangan yang ada di depan,” ungkap Bulut memotivasi para peserta.

“Jika kalian ingin bertanya tentang basket, tentang latihan atau bahkan apapun itu, janganlah sungkan untuk bertanya kepadaku. Aku di sini untuk menularkan ilmu yang sudah kupelajari sepanjang karirku,” tambahnya.

Hari pertama ini akan dipenuhi dengan latihan-latihan dasar sepanjang hari. Sementara di hari kedua, sesuai rencana, para pemain akan memulai latihan yang lebih spesifik dengan selingan simulasi pertandingan 3X3.

Foto: Oktawal Wahyu Wakhdiantoro

Komentar