IBL

Suatu hari aku dengar ada yang ngomong ke teman basketku dengan kalimat menohok, “Jadi cewek basket itu enggak perlu cantik, yang penting tripoinnya enggak meleset.” Itu cukup membekas sih di hati aku. Karena menurutku, seorang cewek, apapun hobinya, harus tetap kelihatan cantik dan feminin.

Aku kagum dengan para atlet basket cewek seperti Josephine Nikita dan Agnes Natasya. Mereka atlet, selalu berkutat dengan aktivitas yang memeras keringat, tapi enggak masa bodoh dengan penampilan.

Buat aku, sebagai seorang atlet basket cewek, menjaga diri agar tetap kelihatan cantik itu perlu. Karena itu berkah. Itu wujud syukurku kepada Tuhan. Simpel, kan? Lagipula, senantiasa merawat diri itu juga bentuk rasa sayangku kepada diri sendiri.

Nah, tapi kenapa sih seringkali cewek basket itu dipandang sebelah mata dalam hal kecantikan? Banyak yang bilang kalau cewek yang suka basket itu pasti tomboy dan nggak pandai merawat diri. Tanggapanku tentang hal ini sih jelas: no! Definitely a huge, big no! Buktinya, aku selalu merawat diri dengan baik, kok. Dan aku bukan satu-satunya yang seperti itu.

Thoe Audy Natazia Christy Louis ketika berlatih bersama Honda DBL All-Star 2016-2017 di Amerika Serikat Februari 2018 lalu. Foto: Dok. DBL Indonesia

 

Untuk menyeimbangkan basket dengan kecantikan, aku enggak pernah absen buat cuci muka setiap kali habis latihan. Aku juga beberapa kali melakukan treatment facial untuk menghilangkan kotoran di wajah dan membuat wajahku kelihatan lebih bersih. Enggak cuma itu, aku juga selalu mengikuti tren fesyen terbaru dan sering browsing tentang tutorial make up buat menunjang penampilanku. Because after all, I’m a girl.

Ada satu quote dari Kahlil Gibran yang selalu jadi favoritku. “Beauty is not in the face; beauty is a light in the heart.

Make up itu penting, tapi bukan segalanya. You know what, sering tersenyum, baik sama orang, dan membuat orang lain bisa memberikan “kecantikan yang lain”. Benar, inner beauty! Prinsipku sederhana, kok. Kecantikan yang ada di dalam diri seseorang adalah kecantikan terbaik yang bisa mengalahkan kecantikan apapun.

Karena nyatanya, enggak semua orang yang berwajah rupawan itu cantik, dan enggak semua orang yang cantik itu berwajah rupawan. Menurutku, kecantikan sejati itu enggak cuma karena wajahnya yang cantik, tapi hatinya juga.

Jadi, buat para cewek basket, kalian nggak perlu khawatir, karena walaupun kalian sering bergelut dengan keringat atau bahkan sinar matahari, kalian tetap bisa cantik dengan cara kalian sendiri. So, don’t let the fire down, girls!

 

Tentang Penulis

Thoe Audy Natazia Christy Louis adalah salah seorang Honda DBL All-Star 2016-2017 yang berkesempatan untuk pergi ke Amerika Serikat bersama Honda DBL. Hingga saat ini, Audy sudah banyak meraih prestasi di bidang basket, di antaranya: runner up eksebisi PON 3x3, juara DBL 2017, dan menjuarai berbagai Kejuaraan Nasional.

Foto: Dok. DBL Indonesia

Komentar