IBL

Dallas Mavericks mengikuti langkah Boston Celtics. Menggelar Gim 3 Final Wilayah Barat melawan Minnesota Timberwolves, Minggu (26/5), waktu setempat, Mavericks menang 116-107. Ini adalah margin kemenangan terbesar Mavericks dalam tiga gim seri ini. Sejarah menyebutkan belum ada tim yang tak mampu lolos ke seri selanjutnya jika sudah membuka keunggulan 3-0. 

Gim lagi-lagi berjalan ketat. Kedudukan masih sama kuat di enam menit terakhir gim. Namun, situasi kemudian berubah. Mavericks mengeksploitasi Timberwolves dengan permainan satu lawan satu dua bintang mereka, Luka Doncic dan Kyrie Irving. Bergantian, keduanya membawa Mavericks melaju (12-1) dalam lima menit terakhir yang membawa Mavericks mengamankan kemenangan ketiga mereka. 

Timberwolves melakukan berbagai upaya untuk menghentikan permainan satu lawan satu Doncic dan Irving. Namun, keduanya selalu menemukan cara juga untuk mencetak poin, baik oleh mereka sendiri atau oleh rekan satu tim mereka yang jadi kerap terbuka seiring dengan banyaknya upaya double team lawan. Doncic dan Irving sama-sama bermain 41 menit dan masing-masing membukukan 33 poin. Doncic menambahkan 7 rebound, 5 asis, dan 5 steal, sementara Irving memiliki 4 asis atas namanya. Keduanya juga menembak dengan luar biasa. Doncic 10/20 sedangkan Irving 12/20. Doncic membukukan 30+ poin di tiga gim seri ini sedangkan Irving memiliki rataan 27,6 poin dengan akurasi 52 persen. 

Bantuan untuk keduanya datang dari P.J. Washington dan Derrick Jones Jr.. Washington membukukan 16 poin dan 8 rebound selama 40 menit bermain. Jones menambahkan 11 poin. Meski tak mencetak dua digit poin, bahkan hanya mencetak 5 poin, Daniel Gafford memainkan peran penting dengan 3 bloknya. Salah satu blok Gafford terjadi di dua menit terakhir kepada Mike Conley yang cukup membuat momentum Mavericks terjaga. 

Meski menang, ada kabar kurang menyenangkan untuk Mavericks. Senter ruki mereka, Dereck Lively II mengalami benturan kepala dengan lutut Rudy Gobert. Ia hanyaa bermain 9 menit dan mencetak 6 poin sebelum ditarik keluar dan tak lagi bermain di sisa laga. Ini membuat veteran, Dwight Powell akhirnya mendapatkan menit bermain selama tujuh menit. 

Anthony Edwards melakoni gim terbaiknya di seri ini dengan 26 poin, 9 rebound, 9 asis. Sayangnya, hanya empat poin yang ia ciptakan di kuarter empat. Edwards tak berkutik di kuarter empat dengan penjagaan berlapis dari Washington dan Jones. Mike Conley menambahkan 16 poin dan 4 asis. Jaden McDaniels 15 poin. Karl-Anthony Towns dobel-dobel 14 poin plus 11 rebound tapi ia menembak 0/8 dari tripoin. Naz Reid membukukan 14 poin, sedangkan Kyle Anderson 10 poin selama 16 menit. 

Gim 4 akan dimainkan lusa, masih di Dallas. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar