IBL

Boston Celtics mengamankan kemenangan di Gim 1 Final Wilayah Timur, Senin (21/5), waktu setempat. Setelah bertarung ketat di 48 menit, Celtics berhasil menang lewat tambahan waktu dengan skor akhir 133-128 atas Indiana Pacers. Hasil ini memperpanjang rekor kedua tim. Celtics selalu menang di Gim 1 dalam dua seri sebelumnya sedangkan Pacers selalu kalah di Gim 1. 

Adalah Jaylen Brown yang memaksa gim berlanjut ke tambahan waktu lewat tripoinnya di sisa 5,7 detik gim. Ia memanfaatkan keputusan Pacers yang tidak melakukan foul di saat unggul tiga poin. Pacers memang punya timeout dan mengambil kesempatan untuk menang. Sayangnya, eksekusi strategi mereka terbaca dan berakhir dengan tembakan meleset dari Tyrese Haliburton.

Babak tambahan waktu berjalan sepenuhnya untuk Celtics. Pacers justru membuat tiga turnover yang semakin memudahkan Celtics mengamankan kemenangan. Termasuk salah satunya turnover dari Haliburton yang mematikan gim. Sebelumnya, Pacers juga semakin kesulitan setelah Aaron Nesmith fouled out. 

Jayson Tatum bermain 45 menit dan membukukan dobel-dobel 36 poin, 12 rebound, 4 asis, dan 3 steal. Uniknya, Tatum hanya memasukkan 2/8 tripoin. Salah satunya adalah tripoin penting di sisa 44 detik pertandingan. Meski tak wangi dari tripoi, Tatum solid dari tembakan gratis dengan akurasi 83 persen (10/12). 

Jrue Holiday mempertahankan performa apiknya dengan 28 poin, 7 rebound, 8 asis. Holiday juga memimpin Celtics untuk tripoin masuk dengan 4/8 tembakan. Jaylen Brown membantu dengan 26 poin, 7 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Al Horford dan Derrick White masing-masing 15 poin dan 6 rebound. White juga menambahkan 9 asis atas namanya. 

Perolehan poin Pacers lebih merata. Tujuh dari delapan pemain rotasi utama mereka mencetak dua digit poin. Haliburton dobel-dobel 25 poin dan 10 asis. Sejatinya ia hanya membuat tiga turnover, namun dua di antaranya terjadi di saat krusial. 

Pascal Siakam membuntuti dengan dobel-dobel 24 poin, 12 rebound, dan 7 asis. Siakam menembak 12/23 (52 persen). Myles Turner juga dobel-dobel 23 poin dan 10 rebound dari 9/13 tembakan. Ketiga pemain ini bermain setidaknya 39 menit. 

Sebelum fouled out, Nesmith yang bertugas menjaga Tatum sepanjang laga mengemas 14 poin dan 6 rebound. Sayangnya, Nesmith adalah pemain dengan turnover terbanyak dengan lima kali.  Andrew Nembhard 12 poin plus 7 asis. T.J. McConnell dan Obi Toppin tetap produktif dari bangku cadnagan. McConnell 13 poin dan 4 asis, sedangkan Toppin 15 poin plus 4 rebound.  

Pacers sejatinya tampil efektif dengan akurasi di angka 53 persen. Akan tetapi, mereka terbunuh dengn banyaknya turnover (21) dan tembakan gratis yang diberikan kepada Celtics. Celtics mendapatkan 30 kesempatan dan masuk 24 kali sedangkan Pacers hanya 10 kesempatan dan meleset sekali. 

Gim 2 masih akan dimainkan di TD Garden, lusa. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar