IBL

Boston Celtics kembali ke Final NBA 2024!, Senin (27/5), waktu setempat. Tiket ini mereka dapatkan setelah menyapu bersih Indiana Pacers dengan skor 4-0. Bertanding seimbang sampai 65 detik terakhir, Celtics membuat rangkaian aksi luar biasa untuk menang dengan skor selisih satu bola, 105-102. Ini adalah Final NBA kedua Celtics dalam tiga musim terakhir. 

Rangkaian aksi luar biasa itu dimulai oleh Jaylen Brown. Berhadapan satu lawan satu dengan Andrew Nembhard, Brown seolah akan kalah begitu saja ketika Nembhard melewatinya dengan satu gerakan, Akan tetapi, Brown membuat recovery yang luar biasa dan mengejar Nembhard untuk melakukan blok. Al Horford menyusul dengan defensive rebound untuk mengamankan penguasaan bola bagi Celtics. 

Brown kemudian menginisiasi serangan. Ia berhasil lolos dari upaya jebakan (trap) dari Pacers. Bola sempat hampir leps di area tembakan gratis Pacers. Namun, Brown yang dikepung tiga pemain masih bisa mengamankan bola dan melihat ada Jayson Tatum kosong di area sayap dan Derrick White di sudut kanan tripoin Pacers. Brown memilih memberikan umpan kepada White dan pemain bernomor punggung sembilan itu tak melewatkan kesempatan itu untuk memasukkan tripoin dan membawa Celtics untuk unggul sesuai dengan skor akhir. 

Sisa waktu masih 45 detik dan Pacers coba mengejar. Upaya tripoin cepat Pacers lewat Aaron Nesmith meleset dan waktu masih tersisa 30 detik saat Tatum merebut defensive rebound. Sisa waktu ini membuat Pacers memutuskan untuk tidak melakukan foul. Sayangnya, skenario tak berpihak kepada Pacers. Tatum melepaskan tripoin di sisa delapan detik dan meleset, tapi bola berhasil diamankan oleh Jrue Holiday. Holiday lantas membuang bola ke Brown yang langsung menggerakkan bola ke Tatum untuk mengunci kemenangan Celtics.

Jaylen Brown Celtics Pacers Playoff NBA 2024 

Brown jadi top skor gim dengan 29 poin, 6 rebound, dan 3 steal. Brown terus efektif kali ini dengan 11/22 tembakan. Blok Brown kepada Nembhard adalah satu-satunya blok yang ia catatkan di gim ini. Brown menutup seri ini dengan rataan 29,8 poin, 5,0 rebound, dan 2,0 steal per gim dengan akurasi 51,7 persen. Ia pulang dengan gelar pemain terbaik (MVP) untuk Final Wilayah Timur. Gelar ini mulai diberikan di dua musim terakhir. Sebelumnya, edisi pertama dimenangkan oleh Tatum, sedangkan tahun lalu jatuh ke Jimmy Butler bersama Miami Heat. 

Tatum menyusul dengan dobel-dobel 26 poin, 13 rebound, dan 8 asis. Jrue Holiday membantu dengan 17 poin dan 9 rebound. White melengkapi daftar dengan 16 poin, 4 rebound, 3 asis, 5 steal, dan 3 blok. Sebelum tripoin kemenangan tersebut, White hanya memasukkan 1/8 tripoin. White menutup laga dengan akurasi 50 persen (7/14). 

Perlawanan terakhir Pacers dipimpin oleh Nembhard dengan dobel-dobel 24 poin, 6 rebound, 10 asis. Nembhard memasukkan 10/18 tembakan. Pascal Siakam mengikuti dengan dobel-dobel juga 19 poin dan 10 rebound. T.J. McConnell kembali memberikan bantuan besar dengan 15 poin, 5 rebound, 4 asis, dari bangku cadnagan. Nesmith 14 poin dan 6 rebound sedangkan Obi Toppin 12 poin plus 7 rebound untuk menutup daftar pencetak angka digit ganda kedua tim. 

Celtics masih menunggu pemenang antara Dallas Mavericks dan Minnesota Timberwolves untuk calon lawan mereka di Final NBA 2024. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar