IBL

Philadelphia 76ers akhirnya mampu mengalahkan Boston Celtics untuk pertama kalinya musim ini. Dalam lanjutan laga NBA pagi ini, Jumat 19 Januari 2018, Sixers mampu menutup laga dengan kemenangan 89-80. Kedua tim telah bertemu tiga kali sebelum ini, yang mana dalam semua laga tersebut Sixers selalu menjadi pihak yang kalah. Kemenangan ini terasa lebih spesial karena laga ini digelar di kandang Celtics, TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Ini merupakan kemenangan pertama Sixers di kandang Celtics sejak April 2014 lalu.

Joel Embiid tampak sangat gembira pagi ini setelah namanya terpilih sebagai pemain utama laga NBA All-Star untuk pertama kalinya. Kegembiraan tersebut dikonversi olehnya menjadi permainan cemerlang untuk memimpin Sixers meraih kemenangan dengan 26 poin dan 16 rebound. Dario Saric juga tampil gemilang pagi ini dengan catatan 16 poin, 6 rebound, dan 4 blok. Dari bangku cadangan, ada nama T.J. McConnell yang bermain sangat efektif. Dalam 26 menit berlaga, ia mencatatkan 15 poin, 2 rebound, dan 3 steal dengan 62 persen field goal.

Beralih ke Celtics, pagi ini mereka tidak dapat diperkuat sang All-Star, Kyrie Irving, karena masalah pada bahunya. Posisi Irving di skuat utama langsung digantikan oleh Marcus Smart yang pada laga sebelumnya absen karena sakit. Smart tampil cukup baik dengan 13 poin dan 5 rebound. Duo pemain depan mereka, Al Horford dan Jayson Tatum membantu dengan masing-masing mencetak 14 dan 11 poin. Sementara itu, Marcus Morris mencatatkan 14 poin dan 6 rebound meski turun berlaga dari bangku cadangan.

Kedua tim yang berada di barisan lima besar pertahanan terbaik di liga menunjukkan kapasitasnya masing-masing. Bergantian keduanya menunjukan pertahanan yang kokoh hingga membuat lawan melakukan kesalahan sendiri. Total Sixers melakukan 22 kali kesalahan sendiri berbanding 19 dari Celtics. Dalam beberapa penguasan bola bahkan kedua tim bergantian memaksa lawannya kehabisan waktu menyerang.

Pertandingan berlangsung sengit di paruh pertama pertandingan. Kedua tim bergantian mengambil alih keunggulan sebelum tembakan tiga angka dari Justin Anderson menutup kuarter pertama untuk keunggulan Sixers 19-21. Sixers langsung berusaha menjaga momentum keunggulan mereka di kuarter kedua. Total 18 poin dicetak anak asuhan Kepala Pelatih Brett Brown dan hanya membiarkan pasukan Brad Stevens mencetak 13 poin.

Kuarter ketiga Sixers terus menjauh melalui serangan-serangan yang dilakukan oleh Embiid dan McConnell. Bergantian melalui tembakan-tembakan jarak menengah dan jauh keduanya menjaga jarak keunggulan. Layup McConnell menutup kuarter tiga dengan keunggulan jauh Sixers, 71-53.

Celtics mencoba mengejar ketertinggalan mereka di kuarter terakhir. Horford, Tatum, dan Jaylen Brown bergantian melepaskan tripoin untuk mempertahankan asa. Sayangnya, laju Sixers sudah terlalu kencang dan tak dapat dikejar lagi dan menutup laga dengan 89-80.

Sixers akan kembali Wells Fargo Center, Philadelphia, Amerika Serikat untuk menjamu Milwaukee Bucks hari Minggu esok. Sementara Celtics masih akan bermain di kandang guna menjamu Orlando Magic pada Senin nanti.

Foto: nationalpost.com

Komentar