IBL

NBA Global Game, tajuk laga NBA di luar Amerika Serikat, menyajikan bentrokan antara Boston Celtics dan Philadelphia 76ers. Mereka sengaja terbang ke London untuk menampilkan pertarungan sengit dua tim berbeda. Pada kesempatan itu, Celtics ternyata berhasil menumbangkan Sixers dengan skor 114-103 di The O2 Arena, London, Inggris.

Pemain muda Jaylen Brown tampil baik di laga ini. Ia mencetak 21 poin untuk membantu Celtics memenangkan pertandingan. Kyrie Irving juga gemilang dengan 20 poin , 7 asis, dan 6 rebound. Sixthman Marcus Morris pun menyumbang 19 poin dan 8 rebound  dari bangku cadangan.

Rookie Jayson Tatum juga tak mau kalah. Ia mencetak 16 poin di pertandingan global ini. Sementara itu, center veteran Al Horford cukup baik dengan 13 poin, 8 rebound, dan 7 asis.

Kendati para pemain Celtics tampil gemilang, sebenarnya mereka sempat tertinggal di kuarter awal. J.J. Reddick, shooting guard Sixers, menjadi salah satu perlawanan berarti mereka dari area tripoin maupun perimeter. Tembakan-tembakannya yang tepat sasaran membuat Sixers unggul 28-23.

Secara keseluruhan, Reddick tampil sebagai pencetak angka terbanyak di laga ini. Ia mengemas 22 poin dan tambahan 7 rebound. Rookie Ben Simmons membantu dengan 16 poin, sementara Joel Embiid, Dario Saric, dan T.J. McConell masing-masing 15, 14, dan 12 poin.

Di kuarter dua, Sixers berusaha menjaga asa lewat permainan kolektif mereka. Barisan cadangan seperti McConell tampil baik di sini. Ia berkali-kali berhasil membikin operan tepat sasaran maupun menusuk sendirian ke pertahanan lawan.

Di sisi lain, Kyrie Irving dkk. juga berusaha mengimbangi, meski gagal membalikkan keadaan. Sixers tetap di atas angin dengan memimpin 57-48. Mereka punya modal bagus untuk menghabiskan sisa pertandingan dengan kemenangan, tapi Celtics tentu tidak tinggal diam.

Masuk ke kuarter tiga, Celtics tancap gas. Kepala Pelatih Brad Stevens meramu strategi tepat untuk menangani serangan-serangan lawan dengan pertahanan yang lebih baik. Mereka juga menyerang sama baiknya sehingga unggul 85-79.

Di kuarter akhir, Celtics yang sudah memimpin berusaha menjaga tren positif. Joel Embiid merasa frustasi sebab timnya tak bisa mendominasi. Menurutnya, sejak kuarter ketiga timnya tidak mengalirkan bola dengan baik, sehingga mereka kesulitan menyerang. Sementara itu, Celtics dengan Jaylen Brown tampil apik.

“Saya beri pujian kepada rekan-rekan saya, Al (Horford) dan (Aron) Baynes, (Daniel) Theis, mereka main dan menjalankan strategi. Hanya mencoba membuatnya (Joel Embiid) tak nyaman.”

Upaya para pemain Celtics membikin sulit pergerakan Embiid pun menemui hasil. Pada akhirnya, mereka menumbangkan lawan 114-103. Pasukan Kepala Pelatih Brad Stevens itu pun mengemas satu keberhasilan di London.

Selanjutnya, Celtics bakal bakal menghadapi New Orleans Pelicans pekan depan, Rabu 17 Januari 2018. Sixers sendiri bakal pulang untuk bertemu Toronto Raptors, Selasa 16 Januari 2018. Mereka bakal bermain di kandang di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Foto: Dan Mullan/Getty Images

Komentar