IBL

Seminggu sebelumnya, Brooklyn Nets dikabarkan merekrut Jordi Fernandez sebagai kepala pelatih. Hal ini menyebabkan kabar simpang siur seputar timnas Kanada di Olimpiade Paris 2024. Tetapi kabar ini dibantah oleh manajer timnas Kanada Rowan Barrett. Menurutnya, Jordi Fernandez tetap berkomitmen untuk timnas Kanada, dan akan memimpin tim tersebut di Paris. 

Brooklyn Nets memberikan pengumuman secara resmi pada hari Senin (22/4) waktu Amerika Serikat. Setelah kabar ini, menyusul pernyataan dari Canada Basketball yang diwakili oleh Rowan Barrett selaku manajer timnas, bahwa Jordi Fernandez masih melatih timnas Kanada di Olimpiade, setelah dirinya ditetapkan sebagai pelatih Nets. 

Jordi Fernandez mengambil pekerjaan sebagai kepala pelatih timnas Kanada pada bulan Juni 2023, setelah pelatih Nick Nurse meninggalkan peran tersebut, di tengah transisinya dari Toronto Raptors ke Philadelphia 76ers. Sempat ada isu kalau Fernandez akan melakukan hal yang sama dengan Nurse, setelah peran barunya di Nets. Namun ternyata hal itu tidak terjadi. Justru pihak timnas Kanada dan Nets sudah bertemu untuk membahas masalah ini. 

"Kami telah bekerja sama dengan Jordi dan Nets selama proses ini dan kami dapat mengonfirmasi bahwa Jordi akan tetap menjadi pelatih kami musim panas ini di Olimpiade Paris 2024, karena kami ingin melanjutkan kesuksesan yang kami raih musim panas lalu," kata Rowan Barrett. 

Pelatih asal Badalona, ??Spanyol tersebut sukses memimpin timnas Kanada meraih medali perunggu tahun lalu di Piala Dunia Bola Basket (FIBA Basketball World Cup) 2023, di mana tim tersebut lolos ke Olimpiade pertamanya sejak tahun 2000. 

Musim panas ini akan menjadi pertama kalinya tim nasional putra senior Kanada lolos ke Olimpiade dalam lebih dari dua dekade. Kanada akan memasuki turnamen sebagai tim peringkat ketujuh dunia dan akan menghadapi Australia dan dua tim kualifikasi Olimpiade dari turnamen kualifikasi di Spanyol dan Yunani.

Karier Jordi Fernandez di NBA dimulai selama enam musim sebagai asisten di Denver Nuggets sebelum pindah ke Sacramento. Dia juga memimpin Canton Charge untuk tampil berturut-turut di final Wilayah Timur Liga G NBA. Dia juga menghabiskan dua musim terakhir sebagai pelatih kepala Sacramento Kings, membantu mereka mencapai babak playoff tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 2006. 

Sementara itu, Fernandez mengambil alih Nets yang  menyelesaikan musim 2023-2024 dengan rekor 32-50, memecat pelatih Jacque Vaughn pada jeda all-star. Kevin Ollie menyelesaikan musim sebagai pelatih sementara. (*)

Foto: Toronto Star

Komentar