IBL

Basket putri sedang bergeliat. Munculnya sosok Caitlin Clark sebagai wajah baru basket putri, tidak hanya Amerika Serikat, bahkan dunia membuat mereka kini mendapatkan sorotan lebih banyak. Bahkan, dua laga Caitlin di bangku kampus saja berhasil memecahkan rekor penonton siaran terbanyak sepanjang sejarah basket kampus di ESPN. 

Seiring dengan semakin banyaknya sorotan, banyak hal juga yak akhirnya terkuak ke publik dan tidak semuanya menyenangkan. Menjadi pilihan pertama WNBA Draft untuk Indianan Fever justru menghadirkan nestapa atau mungkin perasaan miris bagi banyak pihak melihat Caitlin. 

Pasalnya, sebagai ruki, meski memiliki pasar dan pamor yang sudah sebesar sekarang, alumnus Iowa ini hanya akan mendapatkan bayaran AS$76 ribu selama satu tahun. Jumlah ini hanya berjarak sedikit dengan rataan gaji Amerka Serikat yang dikisaran AS$60-70 ribu per tahun. Secara keseluruhan, dengan kontrak empat musim, Caitlin hanya akan mendapatkan AS$338 ribu. 

Caitlin Clark Indiana Fever WNBA

Tentu perbandingan dengan NBA sejatinya tak cukup adil. Tapi, kita bicara tentang Victor Wembanyama yang juga sudah memiliki pamor tinggi sebelum menjadi profesional di mata Amerika Serikat, apa yang didapatkan Caitlin jelas bak bumi dan langit. Wemby memiliki kontrak ruki selama empat musim senilai AS$55 juta. 

Lebih gilanya lagi, gaji semusim Caitlin di WNBA bahkan tak lebih besar dari gaji maskot-maskot tim NB. Maskot Chicago Bulls, Benny the Bull memiliki gaji pokok AS$400 ribu semusim. Secara keseluruhan, rata-rata maskot NBA memiliki penghasilan AS$600 ribu semusim.

Atas hal ini, Caitlin rasanya harus bekerja ekstra demi memanfaatkan pamornya lebih banyak lagi. Sejauh ini, ia dikabarkan sudah mendapatkan dapukan (endorsement) senilai AS$3 juta. Jumlah ini mungkin lebih banyak lagi jika agen Caitlin terus begerak. Selain itu, ia berpeluang menghasilkan lebih banyak jika ia menempuj jalur bermain di luar Amerika Serikat, utamanya Eropa dan Cina. 

(Baca juga: Indiana Fever Pilih Caitlin Clark di WNBA Draft 2024)

Sebelumnya, Caitlin juga sempat mendapatkan tawaran dari Ice Cube untuk bermain di BIG3. Tak tanggung-tanggung, Ice Cube sempat menawarkan bayaran sebesar AS$5 juta semusim. Semoga kehadiran Caitlin bisa mengubah peta gaji pemain-pemain WNBA ke depannya ya. (DRMK)

Foto: WNBA/Getty Images

Komentar