IBL

Caitlin Clark memasuki panggung WNBA. Sembilan hari sejak penampilan sensasional di final NCAA bersama Iowa Hawkeyes, Clark masuk WNBA Draft 2024. Pada Senin (15/4) di Brooklyn Academy Music, New York, Clark menjadi pilihan pertama WNBA Draft 2024 oleh Indiana Fever.

Memang tidak mengherankan. Clark meninggalkan NCAA dengan 540 tripoin dan membuatnya menjadi pemegang rekor tripoin sepanjang masa. Pada musim terakhirnya tersebut, Clark mencatat rata-rata 32 poin, 7,3 rebound dan 9,0 asis per gim.

“Saya memimpikan momen ini sejak saya duduk di bangku kelas dua. Untuk mencapai titik ini membutuhkan banyak kerja keras, banyak pasang surut, tetapi pada akhirnya bisa melalui semuanya,” kata Clark dilansir dalam laman resmi WNBA.

Dalam WNBA 2024 mendatang, Clark akan menjadi rekan setim Aliyah Boston, yang merupakan pilihan teratas WNBA Draft 2023 dari South Carolina Gamecocks. Clark dan Boston sebelumnya pernah bermain di timnas U-19 Amerika Serikat.

Fever menyelesaikan WNBA 2023 dengan rekor 13-17 dan menduduki posisi ke-10. Boston menjadi Rookie of the Year 2023. Kehadiran Clark membawa angin segar bagi waralaba tersebut. Fever sudah tujuh tahun beruntun tidak lolos playoff. Terakhir berlaga pada playoff WNBA 2016 dan kalah di babak pertama oleh Phoenix Mercury.

“Mata garda saya berbinar menuju tim yang menjadi tempat salah satu pemain terbaik di dunia. Aliyah pernah menjadi rekan satu tim saya sebelumnya. Saya tidak sabar untuk bermain dengannya,” kata pemain berusia 22 tahun itu.

Cameron Brink (Stanford) menjadi pilihan kedua melalui Los Angeles Sparks. Sementara itu, rival Clark di NCAA, Angel Reese terpilih oleh Chicago Sky melalui Minnesota Lynx sebagai urutan ketujuh.

WNBA Draft 2024 dihadiri oleh seribu penonton di Brooklyn Academy Music. Tiket yang dijual beberapa bulan lalu ludes terjual dalam waktu 15 menit. Kehadiran Clark menjadi daya tarik utama. Saat babak Elite eight melawan Louisiana State University (LSU), penampilan Clark dkk dan Reese dkk mendapat total 16,1 juta penonton. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar