IBL

Teka-teki satu slot tersisa di skuad tim nasional (timnas) Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024 Paris terjawab sudah. Setelah muncul 11 nama pertama pada Senin (15/4), waktu setempat, nama Kawhi Leonard dikonfirmasi menjadi nama ke-12. Kabar ini disampaikan oleh ESPN melalui kontributor veteran mereka, Adrian Wojnarowski. 

Manajer timnas sekaligus legenda basket Amerika Serikat, Grant Hill, dikabarkan sudah bertemu dengan mayoritas 12 pemain tersebut. Keputusan Kawhi untuk bergabung benar-benar muncul paling terakhir yakni Selasa (16/4), waktu setempat. Pun demikian, ini tak mengurangi kesungguhan Kawhi untuk membela Amerika Serikat di Olimpiade pertamanya. 

Bergabungnya Kawhi juga membuat skuad Amerika Serikat menjadi cukup komplet. Stephen Curry, Jrue Holiday, Tyrese Halliburton, Devin Booker dan Anthony Edwards di barisan garda. Forwarda berisi LeBron James, Kevin Durant, Kawhi Leonard, serta Jayson Tatum. Joel Embiid, Anthony Davis, dan Bam Adebayo akan bertugas di bawah ring. 

Skuad yang cukup mengerikan ini akan memulai perjalanan mereka dengan pemusatan latihan di Las Vegas, 5 Juli. Gim perdana Amerika Serikat di Olimpiade akan dimainkan 28 Juli. Dalam prosesnya, Amerika Serikat mungkin akan menggelar beberapa laga uji coba, termasuk di luar Amerika Serikat. Ini akan jadi upaya Amerika Serikat untuk mempertahankan emas yang sudah mereka amankan sejak gelaran 2008 di Beijing, Cina. 

Dengan jeda waktu yang lama dan akan dimainkannya Playoff NBA, peluang untuk pemain menarik diri atau batal membela Amerika Serikat sangat terbuka. Jika itu terjadi, maka nama-nama dari 29 pemain yang tersingkir di seleksi awal bisa mengisi skuad. Sebelumnya, jika Kawhi memutuskan untuk tidak ikut, Paul George, Paopo Banchero, Mikal Bridges, dan Jalen Brunson dikabarkan siap mengisi posisinya. 

(Baca juga: 41 Nama di Kolam Pemain Timnas Amerika Serikat)

Olimpiade 2024 Paris kemungkinan besar akan jadi ajang internasional terakhir untuk LeBron, Curry, dan Durant. Ini juga akan jadi perpisahan Steve Kerr sebagai kepala pelatih Amerika Serikat. Kerr mengisi posisi ini setelah gurunya, Gregg Popovich mundur usai mengantar Amerika Serikat meraih emas di Olimpiade 2020 Tokyo. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar