IBL

Kawhi Leonard harus berjibaku dengan cedera ACL. Kini Kawhi merasa sangat sehat. Ia bahkan menjalani kamp pelatihan dan pramusim dengan lancar. Tidak ada pembatasan apapun. Kawhi siap tampil di laga pembuka melawan Portland Trail Blazers besok.

“Saya merasa baik dan saya siap bertanding. Saya pikir musim lalu adalah akhir dari ACL. Proses pemulihan ini memakan waktu dua tahun. Berbicara soal pengalaman ini, pencerita ACL tahu kapan mereka mulai merasa baik atau percaya lututnya sudah tidak masalah,” kata Kawhi.

Cedera itu sempat membuat absen sepanjang musim 2021-2022. Kawhi harus menjalani operasi pada Juli 2021. Kemudian musim lalu penampilannya tidak maksimal. Cedera kambuh. Padahal Clippers memiliki kesempatan melangkah lebih jauh dari babak pertama playoff.

Di babak playoff itu, Kawhi hanya tampil dua gim. Setelah gagal melewati Phoenix Suns, ia menjalani prosedur di lututnya. Tampaknya proses pemulihan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Musim lalu Kawhi tampil di 52 gim reguler. MVP NBA Final 2014 dan 2019 itu mencetak 23,8 poin, 6,5 rebound, dan 3,9 asis per gim selama rerata 33,6 menit bermain. Meski cukup impresif, tetapi rataan itu menjadi yang terendah Kawhi dalam lima musim terakhir.

Dalam tiga gim pramusim ini, Kawhi melantai selama 17,2 menit per gim. Ia memperoleh 11,3 poin, 2,0 rebound, 1,3 asis, dan 1,0 steal dengan akurasi tembakan 44 persen. Kawhi tidak menilai penampilannya hanya untuk statistik saja. Tetapi ia berusaha fokus untuk membawa Clippers meraih lebih banyak kemenangan.

“Ini bukan tentang performa dan angka-angka. Ini tentang apa yang tubuh Anda rasakan. Saya masih merasa mencoba melalui beberapa kesulitan dan menjadi sehat. Namun, saya mampu menunjukkan kepada penggemar atau pemain lain di liga dan diri saya sendiri bahwa saya mampu bermain di level tertinggi,” tutur Kawhi. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar