IBL

Kawhi Leonard resmi melewatkan seluruh musim 2021/2022. Ini seiring gagalnya Los Angeles Clippers di play-in tournament. Jika bisa melaju ke playoff, Leonard memang memiliki kemungkinan untuk kembali ke lapangan.

Tetapi Clippers kalah dalam dua laga di play-in tournament. Clippers kalah Minnesota Timberwolves dan ditaklukkan New Orleans Pelicans di perebutan unggulan kedelapan. Ini merupakan kegagalan pertama Clippers ke playoff selama empat musim terakhir.

Untuk itu Leonard harus menunda comeback hingga musim depan. Finalis dua kali MVP itu memang melewatkan seluruh musim 2021/2022 karena pemulihan cedera ACL. Leonard menjalani operasi ACL di lutut kanannya pada 13 Juli 2021 lalu.

Presiden Los Angeles Clippers, Lawrence Frank, mengatakan pihaknya kagum dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh Leonard selama pemulihan. Frank menyebut bahwa proses pemulihan itu tidak mudah.

“Faktanya dia (Leonard) bisa sangat terkunci dalam proses pemulihan itu dan membawa kedisiplinan di lapangan ke proses tersebut. Itu adalah sebuah tantangan dan itu tidak mudah,” ujar Frank dilansir dari laman resmi NBA.

Secara teknis Clippers memang belum bisa menjamin Leopard bisa tampil pada pembukaan musim depan. Mantan pemain San Antonio Spurs dan Toronto Raptors itu sudah absen sepanjang musim 2021/2022.

“Saya hanya percaya proses melihatnya betapa kerasnya dia bekerja setiap hari. Terlepas dari itu, jika dia langsung seperti ini atau butuh sedikit waktu, saya yakin dia akan kembali dan lebih baik dari sebelumnya,” lanjut Frank.

Clippers memang menyadari bahwa setidaknya perlu 12-15 bulan bagi pemain untuk pulih dari cedera ACL. Jika Leonard bisa kembali pada Oktober mendatang, dia telah menjalani pemulihan selama 16 bulan. (rag)

Foto : NBA

Komentar