IBL

Setelah absen di dua gim terakhir semifinal Wilayah Barat dan tidak tampil sama sekali di final Wilayah Barat, Kawhi Leonard akhirnya naik meja operasi. Operasi sudah dilakukan Selasa, 13 Juli 2021, waktu setempat. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Cedera lutut yang ia alami usai berbenturan dengan Joe Ingles ternyata mendera Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lutut kanannya. Ia mengalami robek sebagian di area tersebut dan operasi pun harus dilakukan. Dalam rilis resmi Los Angeles Clippers, tidak ada waktu pasti kapan Kawhi bisa kembali bermain.

Cedera ACL biasanya memakan waktu panjang untuk pemulihan, apalagi yang terdeteksi ada robekan. Spencer Dinwiddie, garda Brooklyn Nets total menepi tujuh bulan untuk akhirnya bisa melakukan latihan basket individu. Diperkirakan pemain yang mengalami cedera ini akan absen sembilan bulan untuk kembali ke lapangan.

Kala cedera ini terjadi (14 Juni), banyak pihak sudah menduga bahwa ACL Kawhi bermasalah. Namun, Clippers kala itu hanya membuat laporan bahwa Kawhi cedera lutut, tanpa keterangan lebih lanjut. Sepanjang playoff, Kawhi menorehkan rataan 30,4 poin, 7,7 rebound, dan 4,4 asis per gim. Ini adalah catatan terbaik kedua Kawhi sepanjang kariernya. Statistik di atas hanya kalah dari statistik Kawhi saat mengantarkan Toronto Raptors juara.

Cedera ini bisa jadi jawaban atas kemungkinan-kemungkinan masa depan Kawhi. Kawhi memiliki opsi pemain di jeda musim nanti. Jika ia mengambilnya, maka ia akan menjadi unrestricted free agents dan bebas memilih tim baru.

Akan tetapi, dengan cedera seperti ini, kemungkinan Kawhi akan menolak opsi tersebut dan bertahan dengan Clippers yang akan memberinya gaji AS$36 juta. Jika skenario kedua diambil, maka Kawhi bisa melakukan perpanjangan kontrak empat tahun dengan nilai AS$181,5 juta.

Tidak ada alasan untuk Kawhi pergi dari Clippers. Tanpa kehadiran Kawhi di delapan gim playoff terakhir, Clippers menunjukkan mentalitas luar biasa. Perlu diingat, ini adalah final wilayah pertama Clippers sepanjang sejarah. Duet Kawhi, Paul George, berharap Kawhi akan bertahan untuk jangka waktu lama dengannya membangun legasi baru di Clippers. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar