IBL

Musim reguler NBA 2023-2024 akan ditutup setelah semua pertandingan pada hari Senin (15/4) waktu Indonesia selesai. Namun di hari terakhir ini semuanya masih bisa berubah. Tim-tim unggulan masih bisa menggeser posisinya. Sehingga diprediksi pertandingan terakhir bakal sengit. 

"Ada begitu banyak kemungkinan dan hal berbeda yang bisa terjadi sehingga kami hanya perlu fokus, dan berharap masih bisa membuat perubahan," kata garda Phoenix Suns Devin Booker. "Jadi, apa pun yang terjadi, kami akan bertanding dengan seseorang yang juga punya peluang yang sama, dan kami harus siap menghadapi itu."

WILAYAH TIMUR

Boston Celtics adalah tim teratas di Wilayah Timur dan memiliki keunggulan sebagai tuan rumah sepanjang babak playoff NBA. Tapi segala sesuatu masih belum jelas bagi tim-tim di bawahnya. Posisi kedua hingga keempat masih bisa berubah antara Milwaukee Bucks, New York Knicks, dan Cleveland Cavaliers. 

Bagi Bucks, itu sederhana. Menang di Orlando, dan Milwaukee menjadi unggulan kedua. Bucks juga akan finis kedua dengan kekalahan, selama Chicago Bulls dan Charlotte Hornets juga menang. Sementara New York bisa mencapai peringkat kedua dengan kemenangan, dan jika Bucks kalah. Sedangkan satu-satunya jalan Cavs menuju peringkat kedua adalah kemenangan, dan berharap Bucks serta Knicks menelan kekalahan. 

Posisi kelima hingga kedelapan untuk Wilayah Timur masih panas. Ada Orlando Magic, Indiana Pacers, Philadelphia 76ers, dan Miami Heat. Ini kelompok yang benar-benar panas. Karena keempat tim mempunyai peluang untuk finis di posisi kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan. Jelas, dua tim akan melewatkan turnamen play-in sepenuhnya dan langsung ke babak playoff.

Magic akan langsung ke playoff jika meraih kemenangan. Karena Magic akan menjadi peringkat kelima jika menang dan Pacers menang, atau jika menang dan menang oleh Hawks dan Nets, atau jika keempat tim yang bersaing kalah. Sementara Pacers juga bisa langsung playoff dengan kemenangan. Pacers mencapai peringkat kelima jika meraih kemenangan, dan Magic kalah. 

Satu-satunya jalan Philadelphia menuju peringkat kelima adalah menang, dan berharap Indiana Pacers kalah. Sementara itu, juara bertahan Timur Miami (yang mencapai Final NBA tahun lalu) memiliki satu jalan menuju peringkat kelima adalah menang di laga terakhir, dan tiga tim lainnya kalah. Heat bisa mencapai peringkat keenam dengan kemenangan, kekalahan Magic dan kombinasi 76ers dan Pacers menjadi 1-1 pada hari Minggu.

"Kami masih bisa mengendalikan nasib kami sendiri," ungkap kepala pelatih Magic Jamahl Mosley, setelah Magic kalah dari Philadelphia pada Jumat malam.

WILAYAH BARAT

Persiangan di tiga posisi teratas masih sengit untuk Wilayah Barat. Ada OKC Thunder, Minnesota Timberwolves, dan Denver Nuggets. Ini adalah pertama kalinya tiga tim memiliki rekor yang sama (56-25) dan semuanya mempunyai kesempatan untuk mendapatkan unggulan pertama dalam konferensi pada hari terakhir.

Satu-satunya skenario di mana Denver mendapatkan tempat pertama adalah kemenangan, dan kekalahan dialami oleh Timberwolves dan Thunder. Sementara, Minnesota mendapatkan unggulan pertama jika menang, dan kekalahan dialami oleh Nuggets atau Thunder. Sedangkan yang terakhir, Oklahoma City mendapat unggulan pertama jika ketiga tim menang, atau jika ketiga tim kalah, atau menang dan Timberwolves kalah.

Persaingan panas juga terjadi di posisi enam dan tujuh Wilayah Barat. Diperebutkan oleh New Orleans Pelicans dan Phoenix Suns. Agar Suns bisa mencapai peringkat keenam, mereka harus menang dan Pelicans menelana kekalahan. Tapi jika keduanya menang, maka Pelicans yang lolos langsung ke playoff, dan Suns masuk play-in. 

Peringkat delapan hingga sepuluh juga tak kalah seru. Jika Los Angeles Lakers menang, mereka adalah unggulan kedelapan. Namun ketika Lakers kalah, mereka bisa tetap di peringkat kedelapan jika Sacramento Kings Kings dan Golden State Warriors kalah.

Satu-satunya jalan Golden State menuju peringkat kedelapan adalah kemenangan ditambah kemenangan dari Portland Trail Blazers dan Utah Jazz. Warriors bisa mencapai peringkat kesembilan dan menjadi tuan rumah satu pertandingan play-in dengan kemenangan, dan kekalahan dialami oleh Lakers atau Kings. Sementara itu, Sacramento mencapai peringkat kedelapan jika menang, dan Lakers kalah. 

Jadwal Pertandingan NBA, Senin (15/4): 

1. Washington Wizards Vs. Boston Celtics - TD Garden 
2. Charlotte Hornets Vs. Cleveland Cavaliers - Rocket Mortgage Fieldhouse 
3. Atlanta Hawks Vs. Indiana Pacers - Gainbridge Fieldhouse 
4. Toronto Raptors Vs. Miami Heat - Kaseya Center 
5. Chicago Bulls Vs. New York Knicks - Madison Square Garden 
6. Milwaukee Bucks Vs. Orlando Magic - Kia Center 
7. Brooklyn Nets Vs. Philadelphia 76ers - Wells Fargo Center 
8. Los Angeles Lakers Vs. New Orleans Pelicans - Smoothie King Center 
9. Utah Jazz Vs. Golden State Warriors - Chase Center 
10. Houston Rockets Vs. L.A. Clippers - Crypto.com Arena 
10. Phoenix Suns Vs. Minnesota Timberwolves - Target Center 
11. Portland Trail Blazers Vs. Sacramento Kings - Golden 1 Center 
12. Detroit Pistons Vs. San Antonio Spurs - Frost Bank Center 
13. Dallas Mavericks Vs. Oklahoma City Thunder - Paycom Center 
14. Denver Nuggets Vs. Memphis Grizzlies - FedExForum

Foto: ESPN

Komentar