IBL

Pemain Los Angeles Lakers dikabarkan sudah muak dengan pelatih Darvin Ham. Di bawah asuhan Darvin, Lakers tak menunjukkan tanda sebagai penantang gelar. LeBron James dkk malah akan memulai turnamen play-in dan jika lolos akan menjadi unggulan terbawah di playoff 2024.

Dilansir melalui laman Hoops Wire, pemain Lakers sudah lama ingin Ham diganti. Pada awal musim, mereka menginginkan Phil Handy, yang menjabat sebagai asisten pelatih, untuk menggantikan posisi Darvin.

“Akan tetapi, pemilik Los Angeles Lakers Jeanie Buss adalah penggemar Ham dan dia tidak pernah berpikir untuk memecat pelatih tersebut,” kata sumber dari Hoops Wire.

Handy memang belum pernah menjadi pelatih kepala. Tetapi sebagai asisten pelatih, ia ikut andil mengantar tiga tim berbeda menjuarai NBA. Pertama pada 2016 saat menjadi asisten Cleveland Cavaliers. Sejak di Cavaliers, Handy memang sudah kompeten menangani LeBron.

Handy menjadi asisten pelatih Cavaliers pada 2013-2018 dan bekerja sama dengan pelatih kepala Mike brown, David Blatt, hingga Tyronn Lue. Kemudian Handy direkrut Toronto Raptors dan tim tersebut menjadi juara NBA 2019, tim pertama di luar Amerika Serikat. Handy bekerja sama dengan LeBron lagi di Lakers sejak 2019 dan membawa tim tersebut juara NBA 2020.

“Handy memenangkan kejuaraan 2016 bersama LeBron di Cleveland Cavaliers. LeBron, bisa dibilang pemain terhebat dalam sejarah NBA, telah mengabaikan Ham di musim ini dan malah berkomunikasi dengan Handy tentang apa yang harus dijalankan Lakers,” tulis sumber dari Hoops Wire.

Pada awal musim, Ham memilih Taurean Prince sebagai starter dengan mencadangkan D’Angelo Russell dan Austin Reaves. Sejak Februari lalu, Ham memilih starter LeBron, Anthony Davis, Russell, Reaves, dan Rui Hachimura. Lakers berhasil melaju 20-10.  Ham membutuhkan waktu terlalu lama untuk menentukan starternya.

“Hachimura adalah pemain lain yang lebih mempercayai Handy daripada Ham. Dan Davis, salah satu pemain bertahan terbaik di NBA, tidak pernah menyukai taktik bertahan Ham,” imbuh sumber tersebut.

Lakers menyisakan satu gim lagi melawan New Orleans Pelicans besok. Lakers (46-35) hampir pasti mengunci posisi kedelapan. Mereka berpeluang bertemu Phoenix Suns di turnamen play-in.

Musim lalu Lakers selamat sebagai unggulan keenam dengan rekor 43-39. Lakers melangkah hingga Final Wilayah Barat. Tetapi mendapat rekor buruk dengan disapu bersih Denver Nuggets. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar