IBL

LeBron James telah masuk musim ke-21. Ia juga menjadi pemain aktif tertua di liga. Tetapi musim ini LeBron harus menahan diri. Pasalnya Los Angeles Lakers akan membatasi menit bermainnya.

Seperti yang terjadi di gim pembuka melawan Denver Nuggets. LeBron hanya tampil selama 29 menit. Meski begitu ia masih memimpin Lakers dengan 21 poin dari 10/16 tembakan serta 8 rebound dan 5 asis. Lakers juga takluk 107-119 dari Nuggets.

Pelatih Lakers Darvin Ham mengatakan hal itu memang ia rencanakan. Menit bermain LeBron di gim ini terbatas bukan karena cedera. Melainkan dibatasi agar penampilannya lebih maksimal di usianya yang genap 39 tahun pada 30 Desember mendatang.

“Sangat mudah baginya untuk terjebak dalam permainan yang penuh emosi dan lupa bahwa Anda ingin bermain dalam jangka waktu yang lama. Tetapi agar bisa tampil seefektif mungkin, kami harus memperhatikan menit bermainnya dan berapa lama waktu pemanasannya,” tutur Darvin dilansir melalui ESPN.

Sepanjang lebih dari dua dekade kariernya, LeBron tidak pernah memiliki rerata di bawah 33 menit per gim. Musim lalu LeBron tampil dalam 56 gim musim reguler dan bermain selama 35,5 menit. LeBron mencatat 28,9 poin, 8,3 rebound, dan 6,8 asis per gim.

Sepertinya LeBron tidak memprotes kebijakan dari Darvin yang akan membatasi menit bermainnya musim ini. LeBron harus menjaga kebugarannya. Sebab, ia belum akan pensiun sebelum bermain dengan Bronny, putra sulungnya, di NBA. Bronny diperkirakan akan mengikuti NBA Draft 2024.

“Saya selalu ingin berada di lapangan. Terutama ketika mendapat peluang untuk memenangkan pertandingan atau merasa memiliki pengaruh dalam gim. Tetapi ini sistem yang berlaku dan saya akan mengikutinya,” kata MVP empat kali tersebut.

LeBron juga tidak khawatir pembatasan menit bermain itu akan mempengaruhi performanya. Justru ia melihat penampilannya akan lebih efektif untuk Lakers. (rag)

Foto: Justin Tafoyo/Getty Images

Komentar