IBL

Pencarian pelatih baru Brooklyn Nets menunjukkan tanda-tanda kesepakatan. Shams Charania dari The Athletic menyebut Mike Budenholzer menjadi finalis untuk menjadi pelatih baru Nets. Selain Budenholzer, Nets juga bertemu dengan asisten pelatih Sacramento Kings Jordi Fernandez dan Kevin Young (Phoenix Suns)

Budenholzer menjadi nama yang paling mentereng. Ia sukses membawa Milwaukee Bucks menjuarai NBA 2021. Gelar pertama Bucks setelah setengah abad. Tetapi ia kehilangan kepercayaan dari Bucks. Budenholzer dipecat pada setelah Bucks kalah di ronde pertama playoff 2023 oleh Miami Heat.

Catatan tersebut menjadi hasil terburuknya selama lima tahun di Milwaukee. Sebelum itu, saat membesut Giannis Antetokounmpo dkk, Budenholzer minimal membawa Bucks mencapai semifinal Wilayah Timur.

Karena masih terikat kontrak dengan Bucks, Budenholzer pun masih gaji dari Bucks. Begitu halnya dengan Adrian Griffin sebagai pengganti Budenholzer di Bucks. Setali tiga uang, Griffin juga dipecat dan kini Bucks dilatih oleh Doc Rivers.

Budenholzer mengawali karier sebagai pelatih NBA sejak 1996. Saat itu ia menjadi asisten pelatih Gregg Popovich di San Antonio Spurs hingga 2013. Ia ikut merasakan dinasti Spurs menjuarai NBA empat kali.

Pelatih berusia 54 tahun itu kemudian mendapat tugas baru sebagai pelatih kepala Atlanta Hawks pada 2013-2018. Selama lima musim bersama Hawks, Budenholzer sekali mencapai Final Wilayah Timur pada musim 2014-2015.

Budenholzer dinilai bisa memberi harapan untuk Nets. Tim milik Jo Tsai itu tidak memiliki roster dengan tujuan yang jelas saat ini. Untuk pertama kalinya dalam enam musim terakhir, Nets tidak lolos playoff. Bahkan menyentuh fase play-in pun tidak.

Pada musim 2023-2024 dan menyisakan satu gim lagi, Nets hanya meraih rekor 32-49 dan berada di posisi ke-11. Dalam empat tahun ini, Nets sudah tiga kali berganti pelatih. Steve Nash hanya bertahan 2,5 tahun dan digantikan oleh Jacque Vaughn.

Melihat Nets tak kunjung membaik, Vaughn dipecat pada Februari lalu. Untuk sementara ini, Kevin Ollie ditunjuk sebagai pelatih interim. Dikabarkan naik posisi sebagai pelatih kepala, Nets memilih tidak mengangkat Ollie menyusul hasil di sisa musim dengan 11-16. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar