IBL

Mike Budenholzer sukses membawa Milwaukee Bucks juara NBA 2021. Tapi dua tahun setelahnya, Bucks tersingkir dari putaran pertama playoff. Banyak yang menerka bahwa masa depan pelatih 53 tahun tersebut akan suram. Sebab, kesalahannya di menit-menit terakhir gim kelima melawan Miami Heat, langsung meruntuhkan nama besarnya. Bahkan Giannis Antetokounmpo tampaknya mengisyaratkan bahwa Budenholzer sebaiknya diganti. 

Dari sudut pandang menang-kalah, sulit untuk mengkritik Budenholzer. Dia 271-120 dalam lima musim bersama Bucks dan memimpin mereka ke babak playoff selama lima tahun. Final Wilayah Timur 2019, serta Juara NBA 2021, merupakan hasil jerih payahnya. Dia juga membawa Bucks menyelesaikan musim ini dengan rekor terbaik di liga. Sayangnya kegagalan dalam melakukan penyesuaian strategi di menit-menit akhir menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Shams Charania dari The Athletic menjelaskan bahwa status pelatih Budenholzer kini sedang dipertimbangkan oleh tim. 

Hal senada juga disampaikan oleh Zach Lowe dari ESPN dalam podcast-nya setelah Bucks tersingkir. "Ada beberapa kekalahan yang tidak bisa diterima. Dan, Bucks tampaknya tidak akan bisa melupakan hari kekalahan tersebit. Banyak pengamat yang skeptis Mike Budenholzer dapat kembali sebagai pelatih kepala Bucks setelah kekalahan tersebut. Kalau melihat kontrak, seharusnya dia masih berada di tim sampai musim 2024-2025. Tapi tidak menutup kemungkinan Budenholzer akan diberhentikan," katanya. 

Mike Budenholzer dianggap kalah dengan Erik Spoelstra dalam drama playoff putaran pertama. Puncaknya terjadi di gim kelima, di mana Giannis Antetokounmpo secara terbuka mengatakan kalau dirinya ingin menjaga Jimmy Butler. Tapi permintaan ini tidak diluluskan oleh Budenholzer, sehingga Butler berubah menjadi monster menakutkan untuk pertahanan Bucks. Puncaknya di detik-detik akhir gim kelima di mana Budenholzer tidak meminta time-out. Pelatih tersebut juga tidak menginstruksikan pemainnya untuk melakukan tembakan. 

Stephen Noh dari Sporting News mencatat bahwa Bucks telah tersingkir oleh unggulan yang lebih rendah dalam empat dari sembilan penampilan playoff. Bucks tidak hanya kalah dari unggulan kedelapan yang lolos dari turnamen play-in. Mereka kalah dalam lima pertandingan. Mereka tidak punya jawaban untuk Jimmy Butler, dan kesalahan di gim kelima memang sangat mengejutkan. 

Hal tersebut menempatkan Budenholzer kini menjadi sorotan. Ada kemungkinan Bucks bakal membongkar tim untuk musim depan. Apalagi ketika Khris Middleton dan Brook Lopez akan berstatus "free agent" musim depan. Tampaknya situasi ini sangat ideal bagi Bucks untuk berganti suasana. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar