IBL

LeBron James kembali ke Cleveland. LeBron dan istrinya, Savannah, hadir menyaksikan Gim 4 antara Boston Celtics vs Cleveland Cavaliers. Sayangnya, tim yang memilih LeBron di NBA Draft 2003 itu tumbang. Kini Cavaliers tertinggal 3-1 dari Celtics di Semifinal Wilayah Timur.

Di sisi lain, Cavaliers memang sedang pincang. Mereka tanpa Donovan Mitchell dan Jarrett Allen. Tanpa kekuatan terbaiknya, Cavaliers takluk dari Celtics. Cavaliers nyaris dalam kondisi tertinggal sepanjang pertandingan. Pada akhirnya, Cavaliers takluk 102-109 di Gim 4.

Kedatangan LeBron memiliki kesan tersendiri bagi Cavaliers. Sebab, ini menjadi pertama kalinya sejak 1993, Cavaliers bisa melaju ke playoff dan bahkan semifinal tanpa bantuan Sang Raja.

LeBron disambut meriah oleh para pendukung Cavaliers di Rockets Mortgage Fieldhouse, Cleveland, Ohio. LeBron mendapatkan tepuk tangan kehormatan. Spanduk juara NBA 2026 juga disorot saat kehadirannya di Cleveland.

Baca juga: Jayson Tatum 33 Poin, Celtics Selangkah Lagi ke Final Wilayah Timur

LeBron mengantar Cavaliers memenangkan gelar NBA 2016. Itu merupakan satu-satunya gelar yang dimiliki Cavaliers sejak berdiri pada tahun 1970. LeBron memperkuat Cavaliers pada 2003-2010 dan 2014-2018.

Pada periode pertamanya di Cavaliers, LeBron meraih penghargaan sebagai ruki terbaik 2004, All-Star, hingga MVP 2009 dan 2010. Pemain berusia 39 tahun itu mengantar Cavaliers ke Final NBA 2007. Tapi kalah 4-0 dari San Antonio Spurs.

LeBron meninggalkan Cavaliers untuk menyebrang ke Miami Heat. Keputusannya itu sempat memicu kemarahan penggemar. Mereka membakar jersei LeBron dibakar di seluruh negara bagian Ohio, yang juga tempat kelahirannya.

LeBron meraih cincin pertamanya dengan Heat. Mereka memenangkan dua gelar beruntun pada 2016 dan 2017. LeBron kemudian menebus dirinya dengan kembali ke Cavaliers pada 2010.

Sejak tahun 2014, LeBron dan Cavaliers lolos ke Final NBA empat kali. Tapi hanya sekali juara pada tahun 2016. Kebersamaan mereka berakhir pada tahun 2018 saat LeBron menyebrang ke Los Angeles Lakers.

Di sisi lain, masa depan LeBron terus menjadi teka-teki. Ada kemungkinan dia kembali ke Cavaliers dan menutup karier di tim pertamanya itu. Tapi salah satu petunjuknya adalah tim yang merekrut Bronny, putra sulung LeBron, maka disanalah LeBron akan undur diri sebagai pemain NBA. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar