IBL

Akhirnya Cleveland Cavaliers bisa memenangkan seri playoff tanpa LeBron James. Hal itu terjadi pada musim ini. Untuk pertama kalinya sejak playoff 1993, Cavaliers bisa melangkah ke semifinal tanpa bantuan LeBron.

Cavaliers memenangkan Gim 7 atas Orlando Magic 106-94 di Rocket Mortgage Fieldhouse, Cleveland, Ohio. Cavaliers memerlukan waktu 32 tahun, yang dihitung tanpa LeBron, untuk bisa memenangkan seri playoff.

Momen sebelumnya terjadi pada playoff 1993. Kala itu, Cavaliers masih diperkuat oleh Brad Daugherty, Larry Nance, Mark Prince, Craig Ehlo, dan Mike Sanders. Mereka membawa Cavaliers menang 3-2 atas New Jersey Nets. Tapi kalah 4-0 oleh Chicago Bulls di semifinal.

Setelah itu, Cavaliers hanya berkutat di ronde pertama playoff empat kali selama satu dekade hingga kedatangan LeBron pada tahun 2004. Setelah dua musim pertamanya, LeBron berhasil membawa Cavaliers ke playoff hingga semifinal Wilayah Timur.

Sejarah Cavaliers terukir manis dengan Sang Raja. Cavaliers mencapai lima kali Final NBA dan memenangkan satu gelar pada musim 2015-2016. Mereka mengalahkan Golden State Warriors dalam 7 Gim. Setelah LeBron pindah ke Los Angeles Lakers pada 2018, Cavaliers anjlok.

Mereka baru menemukan lagi jati dirinya setelah mengakuisisi Donovan Mitchell dari Utah Jazz pada 2022. Pada dua musim terakhir, Cavaliers lolos ke playoff. Tahun llau, Cavaliers terhenti di ronde pertama usai tumbang 4-1 dari New York Knicks. Momen bersejarah terjadi lagi ari ini saat Mitchell mengantar Cavaliers melalui ronde pertama dari Magic.

“Itu sebabnya saya disini. Itu merupakan tugas saya membawa Cavaliers lolos di ronde pertama playoff dan babak-babak selanjutnya,” kata Mitchell dilansir melalui laman resmi NBA.

Dalam pertandingan tersebut, Mitchell memimpin Cavaliers dengan 39 poin, 9 rebound, dan 5 asis. Ia memasukkan 11/27 tembakan dan hanya meleset 2 tembakan gratis dari 17 percobaan selama 45 menit.

“Kami tidak hanya datang untuk memenangkan ronde pertama. Kami mencapai satu tujuan. Sekarang kami harus melanjutkan ke tujuan berikutnya. Seperti itulah yang kami lakukan,” tuturnya.

Pada semifinal Wilayah Timur, Cavaliers sudah ditunggu oleh Boston Celtics. Celtics menjadi lawan yang tangguh. Mereka menguasai Wilayah Timur sepanjang musim. Cletics juga telah menaumbangkan Miami Heat 4-1. Gim pertama Cavaliers vs Celtics berlangsung pada besok lusa di TD Garden, Boston. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar