IBL

Derrick White menjadi salah satu pemain yang menyumbang kontribusi besar dalam kemenangan Boston Celtics atas Cleveland Cavaliers. Dalam Gim 1 Semifinal Wilayah Timur itu, Celtics mengamankan kemenangan 120-95 di TD Garden, Boston.

White mencetak 25 poin. Ini merupakan poin terbanyak kedua dari pemain Celtics. Jaylen Brown memimpin dengan 32 poin dan 6 rebound. Disusul Jayson Tatum dengan dobel-dobel 18 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Kemudian Payton Pritchard 16 poin dan Jrue Holiday 14 poin.

Dari raihan itu, White mencatat sesuatu yang istimewa. Ia berhasil memasukkan 7 tripoin dari 12 percobaan. Akurasinya mencapai 58,3 poin. Pada kuarter ketiga, White hanya meleset dua dari 6 tripoin. Secara keseluruhan ia mencatat 9/16 tembakan tepat sasaran. Tanpa ada tembakan gratis.

White menjadi pemain kelima di NBA yang mencatat 20+ tripoin dalam tiga pertandingan di playoff. Pemain lainnya adalah Stephen Curry (3 kali), Klay Thompson (2016), Jamal Murray (2020) dan Damian Lillard (gabungan tahun 2021 dan 2024)

“Rasanya sangat menyenangkan. Saya pikir yang terpenting adalah meraih kemenangan. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, entah saya mencetak poin atau tidak atau berapapun yang saya raih hari ini, selama kami menang, itu sudah cukup,” kata White dilansir melalui laman resmi NBA.

Secara keseluruhan, Celtics mencetak 18 tripoin dari 46 percobaan. Itu membuat mereka sangat efektif dalam menyerang. Serangan jarak jauh itu juga membantu Celtics memimpin hingga 26 poin di paruh kedua.  

Pelatih Celtics Joe Mazzulla memuji penampilan White tersebut. Kini Celtics mengemas rekor 5-1 di playoff 2024. Pada ronde pertama, Celtics membungkam Miami Heat 4-1. Gim 2 melawan Pacers akan berlangsung pada besok lusa.

“Saya pikir saat para pemain melakukan tembakan lebih banyak, itu berarti kami memiliki banyak lapisan serangan yang berbeda. Itu sangat penting untuk melawan tim seperti Cavaliers,” tutur Mazzulla.

Celtics menjadi tim dengan persentase tripoin tertinggi kedua di liga pada musim reguler 2023-2024. Celtics mencatat tripoin 38,8 persen. Di bawah Oklahoma City Thunder dengan 38,9 persen. (rag)

Foto: Getty Images  

Komentar