IBL

Boston Celtics tumbang di Gim 2 Semifinal Wilayah Timur. Mereka menelan kekalahan 94-118 dari Cleveland Cavaliers dan kedudukan kini imbang 1-1. Jayson Tatum mengatakan bahwa Celtics bukanlah tim super seperti yang dielu-elukan selama ini.

Tetapi Tatum mengungkap fakta penting di balik keganasan Celtics musim ini. Tidak ada satupun gelar individu yang diperoleh Celtics pada musim 2023-2024. Tatum sedikit menyayangkan hal tersebut.

“Narasi yang mungkin Anda lihat di televisi adalah gagasan bahwa kami merupakan tim super. Itu berlebihan. Kami tidak memiliki penghargaan Coach of the Year atau MVP. Kami hanya memiliki dua pemain yang masuk All-Stars. Mereka menyebut kami tim super tetapi kami tidak mendapatkan penghargaan seperti itu,” ungkap Tatum usai kekalahan di Gim 2.

Pada Gim 2 ini, Tatum memimpin Celtics dengan 25 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Ia mencatat 7/17 tembakan dengan 9/11 tembakan gratis selama 37 menit. Tatum menjadi top skor Celtics dengan 35,7 poin per gim.

Celtics memang sangat mendominasi. Mereka memiliki roster yang dalam. Celtics menguasai Wilayah Timur dengan mencatat rekor kemenangan 64-18. Celtics pun sempat membuat rekor kandang dengan 20 kemenangan beruntun.

Anggapan Celtics tim super dilihat dari rekor kemenangan tersebut. Mereka menjadi satu-satunya tim yang mencapai 60+ kemenangan pada musim 2023-2024. Secara tim, Celtics memang solid. Tetapi secara individu, pemain Celtics memang kurang bersinar dibandingkan pemain-pemain yang menjadi finalis penghargaan individu.

Pelatih Joe Mazzulla tidak masuk dalam jajaran pelatih terbaik musim ini. Mark Daigneault mengalahkan Jamahl Mosley dan Chris Finch. Daigneault menang karena bisa membuat kejutan dengan membawa Oklahoma City Thunder menjadi unggulan teratas Wilayah Barat,

Dalam persaingan MVP, Tatum memang masuk dalam bursa persaingan. Tetapi tidak pernah masuk dalam posisi tiga besar. Ia berada di urutan keenam MVP 2024. Nikola Jokic menjadi MVP dengan mengalahkan Shai Gilgeous-Alexander dan Luka Doncic. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar