IBL

San Antonio Spurs memang tim terburuk di Wilayah Barat. Tapi kehadiran Victor Wembanyama membuat Spurs menang dramatis atas Denver Nuggets 121-120 di Frost Bank Center, San Antonio, Texas. Efek kekalahan Nuggets itu membuat persaingan akhir puncak Wilayah Barat semakin runyam.

Dengan menyisakan satu gim musim reguler, Oklahoma City Thunder, Minnesota Timberwolves dan Nuggets masih memiliki rekor sama yaitu 56-25. Mereka juga sama-sama berada di Divisi Northwest. Ketiga tim itu memiliki peluang menjadi unggulan pertama. Syaratnya harus menang di gim terakhir dan tergantung hasil dari dua tim yang lainnya.

Tidak hanya itu. Posisi mereka nanti akan menentukan calon lawan di playoff. Dua tim teratas berpeluang bertemu dengan Los Angeles Lakers. Juga ada potensi lain berhadapan dengan Suns, Kings, dan Warriors.

“Ini sangat mengecewakan. Kami kehilangan kendali untuk menentukan nasib kami sendiri. Hasil ini membuat Minnesota diuntungkan. Pada akhirnya, kemungkinan besar kami akan menjadi unggulan ketiga,” ujar pelatih Nuggets Michael Malone.

Sebelumnya Nuggets menjadi unggulan pertama. Tapi mereka mereka gagal menyapu bersih Spurs pada musim 2023-2024. Mendominasi hingga 23 poin sejak kuarter kedua, Nuggets malah kecolongan di menit akhir.

Perlahan tapi pasti, Spurs memangkas defisit. Devonte Graham menjadi penentu kemenangan Spurs. Empat poin terakhirnya membawa Spurs meraih kemenangan ke 21 musim ini.  Graham menyelesaikan gim dengan 11 poin, 4 rebound, dan 5 asis.

Faktor kemenangan Spurs juga datang dari Wemby, sapaan Victor Wembanyama. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu meraih dobel-dobel 34 poin, 12 rebound, plus 5 asis dan 2 blok. Wemby mencetak 12/27 tembakan termasuk 5/12 tripoin selama 36 menit.

Selain Wemby, ada dua pemain Spurs yang mencetak dobel-dobel. Ada Sandro Mamukelashvili dengan 21 poin dan 12 rebound. Tre Jones memberikan 14 poin, 6 rebound, dan 10 asis. Disusul Julian Champagnie 14 poin dan 5 rebound dan Zach Collins 15 poin. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar